-->
lm2ehI3jonma4uzm1pDxTuKLeJW1muj7wMTB5q1K

Ngaji[combine]

Baper[oneright]

Review[oneleft]

Cerpen[three](3)

Lifestyle[hot](3)

Kisah[two]

Aksara[dark](3)

    Page

    Bookmark

    Ibu sudah Pergi, Buat Apa ke Luar Negeri?

    Mata hari mulai meninggi. Terpaan panas mulai menyapa pipi. Kegiatan kuliah baru saja selesai. Mahasiswa keluar kelas. Ada yang ke kantin, ada yang ke masjid, ada yang ngobrol santai, dan seterusnya. Saya sendiri beranjak keluar. Mencari ‘angin’ melepas kebosanan.

    Mata saya tertuju pada Bapak Dosen yang baru saja mengajar di kelas saya. Beliau sedang duduk-duduk di depan kelas. Di kursi panjang. Di kelas saya, Beliau mengajar hadis. Biasanya, saat beliau mengajar, kelas riuh. Karena yang dibahas masalah pernikahan. Ah, pertanda sudah dewasa semua.

    Saya langsung menghampiri beliau. Sungkem. Lalu, duduk di samping beliau. Beliau menawari saya rokok. Saya bilang saya tidak merokok. Lalu, terjadilah obrolan di antara kami.


    “Kamu di Simo itu kerja atau bagaimana?” Tanya beliau ke saya.

    “Jaga masjid.”

    Beliau kemudian bercerita. Katanya, ketika menjadi mahasiswa, beliau juga menjaga masjid. Bantu-bantu di salah satu masjid di Surabaya. Maklum, kala itu beliau bukan orang berada. Beliau lahir dari keluarga sederhana. Untuk kuliah, hasrus pintar-pintar mengatur bekal.

    Lambat laun, beliau bisa berkhutbah. Jika ada khotib yang tidak hadir, maka beliau yang disuruh maju. Dalam berkhutbah, beliau mencoba meniru khotib-khotib yang hebat. Beliau amati gaya mereka. Lalu, menirunya. Gaya beliau adalah komplikasi dari gaya beberapa khotbi yang beliau lihat.

    “Jada, ketika saya mahasiswa, saya sudah berkhutbah”

    Selain menjaga masjid, beliau juga ngelesi. Kursus privat. Seperti membaca al-Quran. Biasanya yang minta untuk dikursus adalah anak pejabat. Bayarnya mahal. Mendapat bayaran, bahagianya bukan kepalang. Bisa buat kebutuhan kuliah.

    Ada satu cerita yang sangat terkesan bagi saya. Bahwa, apa yang beliau lakukan hanya untuk membanggakan orang tua. Berusaha ini-itu, tiada lain karena ingin melihat orang tua tersenyum.

    Suatu ketika, beliau mendapat beasiswa ke luar negeri. Universitas Al-Azhar, Kairo Mesir. Beliau sudah siap berangkat. Tapi, sebelum berangkat, ibu beliau meninggal. Beliau urungkan keberangkatan beliau ke luar negeri. Alasannya sederhana. Karena keberangkatannya tidak dilihat ibunya.

    “Buat apa saya ke luar negeri? Saya mau ke luar negeri karena ingin agar ibu bangga. Tapi, ibu sudah tidak ada, buat apa saya keluar negeri?” kurang lebih begitulah kata beliau.

    Mata saya berkaca-kaca. Teringat orang tua. Bisakah saya membanggakan mereka?


    اللهم يسر لنا في تفريح فؤاد والدنا...... أمين
    Posting Komentar

    Posting Komentar