-->
lm2ehI3jonma4uzm1pDxTuKLeJW1muj7wMTB5q1K

Ngaji[combine]

Baper[oneright]

Review[oneleft]

Cerpen[three](3)

Lifestyle[hot](3)

Kisah[two]

Aksara[dark](3)

    Page

    Bookmark

    Agar Tidak Sesat, Ini Loh 8 Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang Perlu Kamu Dengarkan Ceramahnya


    Ustadz-ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah adalah ustadz yang mengikuti ajaran Rasulullah dan para sahabat. 

    Jika disederhanakan lagi, ustadza Ahlussunnah Wal Jamaah adalah mereka yang mengikuti Imam Madzhab Empat dalam fikih, mengikuti Imam al-Ghazali dan Imam Junaid dalam tasawuf, dan mengikuti Imam Asy’ari-Maturidi dalam akidah.


    Ustadza-ustadz yang mengikuti imam-imam di atas adalah ustadza yang meneruskan manhaj salaf. Merekalah yang mengajarkan ajaran Islam dengan benar sesuai ajaran Rasulullah.


    Pemahaman agama mereka didapatkan dari gurunya, dari gurunya, dan seterusnya sampai kepada Rasulullah. Dengan kata lain, keilmuan mereka nyambung pada Rasulullah.

    Tentu, orang awam seperti kita perlu belajar pada ustadz-ustadz Ahlussunah Wal Jamaah tersebut. Sebab, mereka memiliki pemahaman agama yang benar. Tidak liberal juga tidak radikal. Belajar pada orang yang salah, hanya bikin pemahaman kita salah.

    Lalu siapakah ustadz-ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah itu? Berikut saya tulis 8 nama-nama Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang ada di Indonesia. Juga, profil singkat mereka.

           1.     Ustadz Abdul Somad, Lc., M.A., Ph.D.


    Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang pertama adalah ustadz Abdul Somad, Lc., M.A, Ph.D. Ulama Indonesia yang sangat terkenal. Setiap berceramah di suatu tempat, ratusan bahkan ribuan orang menghadirinya.

    Ustadz Abdul Somad lahir pada tanggal 18 Mei 1977 M di  Silo LamaAsahanSumatra Utara. Beliau memiliki gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara.

    Dikutip dari Wikipedia, jenjang pendidikan Ustadz Abdul Somad sebagaimana berikut: SD Al-Washliyah, Madrasah Tsanawiyah Mu'allimin Al-Washliyah, Madrasah Aliyah Nurul Falah, S1 Universitas Al-Azhar, Mesir, S2 Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko, dan S3 Universitas Islam Omdurman, Sudan.

           2.     Ustadz Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A.

    Sumber foto: muslimobsession.com

    Ustadz Dr. Adi Hidayat, Lc., M.A. lahir pada tanggal 11 September 1984 M. Tepatnya di Pandeglang, Banten. Beliau termasuk salah satu Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah Indonesia yang sangat ngetrend di media sosial. Sama dengan Ustadz Abdul Somad.

    Keilmuan beliau tidak diragukan lagi. Beliau memahami Al-Quran dan mengetahui letak sisi barisnya. Beliau juga memahami hadis-hadis nabi dan kitab-kitab berbahasa Arab.

    Menurut Wikipedia, jenjang pendidikan yang beliau tempuh sebagaimana berikut: Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah, UIN Syarif Hidayatullah, Kuliyya Dakwah Islamiyyah, dan UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

           3.     KH. Abdullah Gymnastiar

    Sumber foto: rencongpost.com

    KH. Abdullah Gymnastiar lahir pada tanggal 29 Januari 1962 M di Bandung. Beliau adalah Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang fokus mengajak jamaah untuk menata hati. Beliau mengatakan, “Jagalah hati, jangan kau kotori..!”

    Selain aktif berceramah, KH. Abdullah Gymnastiar juga menulis buku dan lagu. Beliau juga pengusaha dan pendiri Pondok Pesantren Darut Tauhid.

    Ceramah kiai kondang ini selalu menyejukkan. Diungkapkan dengan bahasa santai dan lembut. Ceramah beliau sering kali mengajak agar kita bersandar kepada Allah. Jika ingin hidup bahagia, dengarkanlah ceramah beliau.

           4.      Gus Baha' Nursalim Rembang


    Ustadz yang satu ini adalah Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang sangat alim. Beliau dididiklangsung Alm. KH. Maeomun Zubair. Beliau terkenal dengan Ahlu Tafsir. Meski sebenarnya, sebagaimana pengakuan beliau sendiri, beliau juga ahli dalam ilmu fikih. Sebab, di pesantren dulu beliau juga berkecimpung dalam ilmu fikih.

    Beliau biasanya berceramah dengan bahasa Jawa. Ceramah beliau yang tersebar di internet biasanya hanya berupa suara. Karena memang beliau tidak berkenan direkam.

    Cirihas beliau dalam berceramah adalah lucu tapi berbobot. Kajian-kajian yang berat beliau sederhanakan, bahkan kadang dijadikan sebuah candaan.

           5.     KH. Achmad Anwar Zahid

    bangsanonline.com

    KH. Anwar Zahid lahir di Dusun Patemon, Simorejo, Kanor, Bojonegoro pada tahun 1974 M. KH. Anwar Zahid adalah salah satu Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang sangat terkenal. Terutama di kalangan pedesaan.

    Dalam berceramah, biasanya beliau menggunakan bahasa Jawa. Ceramah beliau juga lucu, tapi berbobot. Video ceramah beliau tersebar di media sosial, seperti Instagram dan Youtube.

    Dalam pendidikan, beliau pernah nyantri di Pondok Pesantren Langitan. Dengan demikian, keilmuan beliau tidak dirgukan lagi.

           6.     KH. Idrus Ramli Jember

    www.inews.id

    KH. Idrus Ramli terkenal dengan kegigihannya membela akidah Ahlussuunah Wal Jamaah. Tidak terhitung sudah perdebatan beliau melawan orang Syiah, Liberal, Wahabi, dan aliran lainnya.

    Beliau berdakwah ke berbagai pelosok negeri. Mulai dari Aceh, Kalimantan, Jawa, dan seterusnya. Bahkan, beliau juga sering diundang ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan Mesir.

           7.     Habib Muhammad Bin Anies Shahab

    cyberspaceandtime.com

    Habib Muhammad Bin Anies Shahab lebih fokus berdakwah di kalangan pemuda. Beliau juga tergabung dalam Muslim United bersama ustadz-ustadz yang lain. Ceramah beliau bisa dengarkan di Youtube atau Instagram. Akun Instargam beliau adalah @binanies.

    Dilihat dari posting instagramnya, Ustadz Ahlussunah Wal Jamaah dari malang ini sering berkunjung pada para kiai dan habaib. Seperti KH. Qoyuum Lasem (Gus Qoyyum), Habib Ali Al-Jufri, dan lain-lain.

          8.     Ustadz Nahdlor Tsanai


    Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang nomer delapan adalah Ustadz Nahdlor Tsanai. Ustadz yang satu ini lebih aktif berceramah di kampung-kampung dan desa-desa. Penjelasannya lugas dan jelas. Kadang diselingi dengan canda dan tawa.

    Ustadz Nahdlor Tsanai (Unats) juga mulai aktif di dunia internet. Kini beliau mengisi di channel “Milenial Show”. Channel ini dirancang untuk para milenial yang haus ilmu agama.

    Itulah 8 Ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang bisa penulis rangkum. Tentu, selain delapan di atas masih banyak lagi ustadz-ustadz Ahlussunnah Wal Jamaah yang sangat kompeten. Hanya saja terlalu banyak untuk ditulis di sini.

    Tanpa mengurangi hormat saya pada ustadz-ustadz yang lain, ustadz-ustadz di atas adalah ustadz yang recommended untuk didengarkan. Ustadz-ustadz di atas jelas Ahlussunnah Wal Jamaahnya. Jadi, Insyaallah kita akan selamat dari pemikiran sesat. Wallahu A’lam.

    1 komentar

    1 komentar

    • Anonim
      Anonim
      25 April 2020 pukul 08.55
      Ustadz Adi Hidayat merujuk fiqih sholatnya ke Syaikh Al-Albani, dan Syaikh Utsaimin. Syaikh Utsaimin adalah gurunya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

      AA Gym mengimani Allah ada di atas Arsy.

      Gus Baha menyebutkan hadits riwayat Muslim tentang Budak yang menjawab Allah di Atas Arsy. itu gimana? aswaja atau bukan ya?
      Reply