Ingin Kaya ? Ini 5 Tips Ampuh dari Bapak Zulkifli Hasan

loading...


Semua orang ingin sukses. Semua orang ingin memiliki masa depan yang cerah. Semua orang juga ingin mendapat rezeki yang cukup, bahkan mungkin kaya. Oleh karenanya, tidak mengherankan, jika kita kadang resah memikirkan semua itu.

Menjadi orang sukses itu butuh proeses. Menjadi kaya juga butuh melangkah dari bawah. Menjadi angka dua itu harus melangkahi angka satu. Begitulah. Anak orang sukses pun harus belajar dari sang ayah, meski mungkin lebih mudah.


Nah, ada motivasi neh dari Pak Zulkifli Hasan, ketua MPR RI. Motivasi ini beliau sampaikan di acara Seminar dan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Tepatnya hari Kamis  (09/27/18) di Hotel Oval Surabaya.

“Saudara-saudara ingin kaya ?” tanya beliau kepada audien yang mayoritas masih mahasiswa di sela-sela menjelaskan Pancasila poin lima. “Yang ingin kaya, silahkan angkat tangannya!” Serentak para hadirin mengangkat tangan.

Dari pemaparan Pak Zul, setidaknya ada lima hal yang perlu kita lakukan, agar menjadi orang sukese atau kaya raya. Tujuh hal tersebut sebagaimana berikut:

1          1.   Menjadi diri yang berbeda

Orang sukses itu karena memiliki hal yang tidak dimiliki orang lain. Jika kemampuan kita sama dengan kemampuan orang lain, kita menjadi orang biasa-biasa saja. Tidak ‘wah’, tidak luar biasa, dan tidak istimewa.

Sama dengan ketika Bang Zul dulu jadi PNS di sebuah kementrian. Gaji beliau hanya 30 ribu. Sama dengan kariyawan yang lainnya. Kenapa ? karena beliau tidak berbeda dengan yang lain.

Maka, kata beliau, jika ingin memiliki gaji lebih dari 30 ribu, harus berbeda dari yang lain. Harus memiliki keistimewaan.

2       2. Tidak boleh puas dengan gaji kecil

Kerja jadi PNS itu enak. Tidak mengherankan jika banyak orang yang mengejarnya. Akan tetapi, bagi Pak Zul, jadi PNS itu tidak keren amat. Biasa-biasa saja. Bahkan, kalau gaji tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, mending keluar saja.

Terbukti, ketika menjadi PNS dengan gaji 30 ribu satu bulan, beliau resign. Karena bagi beliau, uang 30 ribu kala itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lalu kapan kayanya kalau begitu ?

Betul saja, orang-orang sekitar beliau bilang, beliau ini gila. Banyak loh orang-orang ingin jadi PNS, beliau malah membuangnya. Gila bukan ?

           3. Mengembangkan kemampuan diri adalah cara menjadi orang luar biasa

Setiap orang memiliki kemampuan untuk menjadi luar biasa. Akan tetapi, kemampuan itu tidak serta merta datang dengan sendirinya. Harus diasah dan dikembangkan. Dan begitulah yang dilakukan Pak Zul muda.

Jadi setelah resign dari PNS, beliau mencari cara agar mendapatkan uang. Maka beliau mencari pekerjaan yang gajinya tidak pas-pasan. Paling tidak bisa meningkatlah.

Awan menghitam, hujan pun datang. Beliau akhirnya bekerja menjadi penjual sebuah barang. Satu hari harus laku paling tidak satu. Dan setiap barang mendapat keuntungan 30 ribu.

Sayangnya beliau tidak punya uang untuk jaminan pada pemiliki barang. Tapi beliau meyakinkan pemiliki beliau bisa. Akhirnya sang pemilik meminta jaminan dengan ijazah SMA. Karena pada waktu itu beliau memang hanya lulusan SMA.

Ternyata, pada hari pertama bekerja, beliau mampu menjual tiga barang. Berarti keuntungan beliau 90 ribu satu hari. Wah, kata beliau, pekerjaan ini cocok. Bisa bikin kaya. Coba andai jadi PNS, 90 ribu itu gaji tiga bulan.

Mungkin benar kata motivator, “Kalau kita punya keinginan, Allah akan mengilhami kita cara mencapai keinginan itu”.

Selanjutnya, beliau terus belajar menjadi marketing yang handal. Beliau membaca buku tentang marketing sebanyak-banyakknya. Beliau juga belajar kepada orang lain. Beliau intip aktivitas orang-orang yang sukses lalu menirunya.

Dari sanalah kemampuan marketing beliau terasah dan berkembang. Dan pada satu tahun kemudian, beliau sudah memiliki penghasilan kurang-lebih 50 juta setiap bulan. Keren bukan ?

             4. Memiliki target yang jelas akan membuat kita semangat untuk mencapai keiginan kita

Jika ingin sukses, harus semangat. Semangat bisa bertahan jika punya target. Target satu bulan kedepan, satu tahun kedepan, bahkan lima tahun kedepan. Target itu akan membuat kita selalu termotivasi sekaligus mengevaluasi diri.

Begitulah yang dilakukan Bapak Zulkifli Hasan. Setelah pulang dari bekerja pada hari pertama, beliau langsung mencanangkan target. Target itu beliau tulis di dinding kamar.

Beliau menargetkan, tiga bulan pertama harus mampu mengumpulkan uang yang cukup unuk satu tahun. Tiga bulan kedua harus begini. Tiga bulan ketiga harus begitu. Bahkan beliau menargetkan agar segera membeli mobil.

Saya jadi teringat ucapan teman saya. Katanya, dia dulu membaca buku motivasi. Dalam buku itu dijelaskan jika kita punya keinginan, tulis saja. Nah, teman saya itu menulis keinginan-keinginannya. Dan sekarang sudah banyak yang tercapai. Keajaiban target.

          5. Mengikuti lecture akan menambah wawasan dan refresh kejemuan

Hal yang tidak kalah penting adalah sering-sring mengikuti lecture, seperti seminar, tolkshow, atau apalah bentuknya. Hal itu akan menambah wawasan kita, sehingga kita terus berkembang.

Selain itu, lecture juga berfungsi merefresh kejemuan dan kelelahan yang ktia alami. Kita juga akan mendapat motivasi dan inspirasi di sana. Sehingga, kita kembali bergairah untuk sukses.

Itulah lima hal yang saya tangkap dari ulasan Bapak Zulkifli Hasan tentang meraih kesuksesan dan menjadi orang kaya. Semoga !
Saya menulis tulisan ini tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2019. Saya menulis tulisan ini, karena bagi saya menginspirasi. Semoga juga menginspirasi pembaca.

Related

Ngopi 6345797201536628454

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Ads

Hot in week

Recent

Comments

randomposts
item