Arti Naudzubillah Min Dzalik dan Faedahnya


Kita sering mendengar kalimat “Naudzubillah Min Dzalik”. Kalimat ini sering diucapkan oleh teman-teman kita. Juga sering diucapkan oleh orang dekat kita. Kalimat ini diucapkan ketika hawatir pada suatu hal.

Lalu, apa arti Naudzubillah Min Dzalik? Apa ada faedah bagi orang yang membacanya? Jangan-jangan kita tidak tahu arti sebenarnya dari kalimat Naudzubillah Min Dzalikini.

Nah, dalam tulisan ini kita akan membahas arti Naudzubillah Min Dzaliksecara lengkap dan jelas. Agar kita bisa memahami dan tidak hambar ketika mengucapkannya?

Naudzubillah Min Dzalik Tulisan Arab

نَعُوْذُبِاللهِ مِنْ ذَالِكَ

Naudzubillah Min Dzalik Tulisan Latin

Naudzubillah Min Dzalika

Arti Naudzubillah Min Dzalik

“Kami berlindung kepada Allah dari itu”

Arti Naudzubillah Min Dzalik Perkata

Sekarang kita perlu mengetahui arti Naudzubillah Min Dzalik perkata. Naudzubillah Min Dzalikini terdiri dari lima (5) kata (dalam bahasa Arab disebut kalimat). Lima kata tersebut sebagaimana berikut:

      1.    Naudzu (نعوذ)
      2.    Bi (بِ)
      3.    Allah (الله)
      4.    Min (من)
      5.    Dzalik (ذلك)

Arti Kata “Naudzu (نعوذ)”

Kata Naudzu ini bentuk fiil mudhori dari fi’il madi ‘Adza (عاذ). Arti dari kata ‘Adza ini adalah berlindung, meminta jaga, dan meminta dijauhkan.

Dengan demikian, arti Naudzu sendiri adalah kami berlindung, kami meminta jaga, kami meminta jauh.

Arti Kata “Bi”

Arti kata “Bi” adalah “dengan”. Kata “Bi” dalam ilmu nahwu termasuk huruf jer.

Arti Kata “Allah”

Kata “Allah adalah isim alam atau sebuah nama dari Tuhan yang berhak disembah. Tuhan yang mencipatakan jagad raya ini adalah Allah.

Arti Kata “Min (مِنْ)”

Arti Kata (dalam ilmu Nahwu disebut Kalimat) “Min” adalah “dari”. Hurf “Min” ini dalam ilmu nahwu disebut hurf jer. Yakni, huruf yang mengejerka kata setelahnya.

Arti Kata “Dzalik (ذالك)”

Arti kata Dzalik adalah “itu”. Dzalika dalam ilmu nahwu termasuk Isim Isyarah (kata tunjuk) untu hal yang jauh. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan “Itu”.

Dengan demikian, arti Naudzubillah Min Dzalika”secara lengkap adalah “Kami perlindungan dengan Allah dari itu”.

Jika diartikan dengan bebas, maka menjadi “Kami berlindung kepada Allah dari itu”. Isi dari kata “itu” adalah sesuatu yang buruk atau sesuatu yang tidak kita inginkan.

Faedah Kalimat Naudzubillah Min Dzalik

Lalu, apa faedah kita mengucapkan “Naudzubillah Min Dzalik”?

Faedah utama dari kalimat “Naudzubillah Min Dzalik” adalah dijauhkan dari apa yang tidak kita inginkan. Sebab, arti Naudzubillah Min Dzalik ini meminta perlindungan kepada Allah.

Oleh karenanya, kalimat “Naudzubillah Min Dzalik” selalu diucapkan ketika takut pada suatu hal. Misalnya takut terjerumus pada sebuah dosa, kita mengucapkan “Naudzubillah Min Dzalik”. Berarti kita memohon agar kita dijauhkan dari dosa itu.

Atau ketika kita takut pada perlakuan jahat, kita ucapkan “Naudzubillah Min Dzalik”. Kita memohon perlindungan dan dijauhkan dari perlakuan jahat tersebut.

Islam Mengajarkan Kita untuk Berlindung Kepada Allah dari Hal Buruk

Dalam hidup ini pasti ada sesutu yang buruk atau sesutu yang tidak kita inginkan. Islam mengajarkan kepada kita agar berlindung kepada Allah dari hal buruk tersebut.

Misalnya, Allah mengajarkan kepada kita surat Al-Falaq dan An-Nas. Dua surat ini mengajarkan kepada kita untuk berlindung kepada Allah dari hal-hal buruk. Seperti setan dan orang yang dengki.

Allah juga mengajarkan kita untuk berlindung dari gila dan penyakit belang. Rasulullah mengajarkan kepada kita untuk berdoa,

اللهم اني أعوذبك من البرص والجنون والجذام ومن سيئ الأسقام

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari penyakit belang, gila, judzam, dan buru-buruknya penyakit.” (HR. Imam Hakim)

Itu hanya contoh doa-doa perlindungan yang diajarkan oleh Allah swt.. Tentu doa-doa perlindungan ini masih banyak sekali.

Arti Naudzubillah Minannar

Selain “Naudzubillah Min Dzalik”, “Naudzubillah Minannar” juga sering ditanyakan. Sepertinya banyak orang yang ingin mengetahui arti dari kalimat ini.
Arti dari kalimat “Naudzubillah Minannar” adalah “Kami berlindung kepada Allah dari api neraka”.

Adapun tulisan arabnya sebagaimana berikut:

نعوذبالله من النار

Begitulah arti Naudzubillah Min Dzalik serta faedahnya. Naudzubillah Min Dzalikadalah sebuah doa kepada Allah agar kita dijauhkan dari hal buruk atau sesuatu yang tidak kita inginkan. Semoga!

loading...

Related

Ngaji 7501348183354894875

Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Terbaru

    Hot in week

    Profil

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Komunitas

    FLP
    item