6 Kata Mutiara dalam Film Naruto yang Sangat Inspiratif


Kata mutiara dalam film Naruto ini sangat menginspirasi. Tentu juga akan membuat kita mengerti banyak hal dalam kehidupan ini. Kata mutiara dalam film Naruto ini berbicara tentang kesuksesan, pertemanan, kepemimpinan, dan hal lain.

Namun, sebelum menuliskan kata mutiara tentang kesuksesan dalam film Naruto tersebut, saya akan menuliskan pandangan Islam mengenai kata mutiara.

Sumber: sahabatnesia.com


Kata mutiara itu lahir dari sebuah realita kehidupan. Hidup yang kompleks dan penuh perjuangan akan melahirkan sebuah renungan dan pengalaman. Dari sanalah tumbuh sebuah ekspresi yang berbentuk kata-kata. Maka jadilah kata mutiara yang penuh hikmah dan penuh makna.

Kata mutiara bisa lahir dari siapa saja. Pun pula bisa diambil dan diamalkan oleh siapa saja. Meski setiap orang, setiap perkumpulan, atau setiap suku, memiliki kata mutiara sendiri-sendiri.

Kata Mutiara Menurut Islam

Kata mutiara yang penuh hikmah itu umpama barang yang hilang. Jika ditemukan, kita harus mengambilnya. Diamanapun dan dipegang oleh siapapun.

Begitlah Rasulullah menggambarkan kata mutiara kepada umatnya. Kata Rasulullah:

الكلمة الحكمة ضالة المؤمن فحيث وجدها فهو أحق بها

“Kalimat hikmah (kata mutiara) itu seperti barang hilangnya orang yang beriman. Dimanapun dia menemukannya, maka dia lebih berhak untuk mengambilnya.” (HR. Imam Turmudzi)

Sayid Jamaluddin mengatakan dikutip oleh al-Mubarakfuri dalam Tuhfah al-Ahwadzi, bahwa orang yang bijaksana itu tidak henti-henti mencari kalimat hikmah (kata mutiara). Ketika menemukannya, dia lebih berhak mengambil dan mengamalkannya.

Al-Munawi dalam Kitab at-Taysirnya juga mengatakan, orang mukmin tidak akan pilah-pilih untuk mengambil kalimat hikmah (kata mutiara). Orang mukmin akan mengambilnya meski kata muitara itu diucapkan oleh orang yang rendahan.

Oleh karenanya, saya menulis kata mutiara dalam film Naruto ini. Kata mutiara yang akan membikin semangat. Kata mutiara yang akan membuatmu sukses. Mudahnya, tulisan ini tentang kata mutiara yang sangat inspiratif.

Berikut ini kata mutiara inspiratif dalam film Naruto tersebut:

       1.     Dimana ada orang yang memikirkanmu, di situlah rumah tempatmu kembali

Kata mutiara dalam film Naruto yang pertama ini diajarkan oleh Jiraiya Sensei kepada Naruto. Kata mutiara ini kemudian diucapkan oleh Naruto kepada seorang perempuan. Perempuan ini memiliki kekuatan untuk mengontrol kekuatan salah satu Biju.

Kata mutiara dalam film Naruto ini memiliki makna yang dalam. Bahwa, jika kita tidak memiliki rumah untuk kembali, maka rumah kita adalah orang-orang yang memikirkan kita. Rumah kita adalah mereka yang peduli pada kita.

Jika kita memiliki rumah, tapi tidak bisa kembali karena suatu hal, maka rumah kita adalah mereka yang memikirkan kita. Meskipun mereka bukan siapa-siapa. Cocok untuk anak rantau neh!

       2.     Menjadi hokage bukan berarti orang-orang mengakuimu. Tapi, karena orang-orang mengakuinyalah dia bisa menjadi Hokage

Kata mutiara penuh hikmah dalam film Naruto ini diucapkan oleh Uchiha Itachi. Kata mutiara ini diucapkan oleh Itachi kepada Naruto lantaran Naruto mengatakan ingin menjadi Hokage.

Kata mutiara dalam film Naruto ini juga memiliki makna yang dalam. Pula, bisa kita renungkan. Bahwa, seorang pemimpin yang sebenarnya adalah mereka yang dijadikan pemimpin oleh yang dipimpinnya. Bukan mereka yang dengan paksa menjadi pemimpin.

Dengan kata lain, pemimpin yang sebenarnya adalah pemimpin yang dikehendaki dan diakui oleh rakatnya. Lalu diangkat menjadi pemimpin. Bukan orang yang menjadi pemimpin lalu rakyat terpaksa menghendaki dan mengakui.

Juga, seseorang yang menjadi pemimpin belum tentu diakui oleh semua yang dipimpin. Tapi, orang yang diakui oleh semua orang yang dipimpin sudah pasti menjadi pemimpin. Meski tidak berada dalam pucuk kekuasaan.

       3.     Orang yang melanggar peraturan adalah sampah, tapi orang yang meninggalkan temannya itu lebih sampah dari sampah

Kata mutiara dalam film Naruto yang ketiga ini diucapkan oleh Uchiha Obito. Hatake Kakashi yang lebih mementingkan peraturan dapat berubah dengan kata-kata Obito ini.

Akhirnya dia lebih mementingkan teman-temannya. Sampai-sampai Kakashi sering mengatakan, “Aku tidak akan membiarkan temanku mati.”

Kata mutiara dalam film Naruto yang satu ini mungkin lebih cocok dalam dunia ninja. Atau dalam dunia persilatan. Akan tetapi, kata mutiara ini juga bisa direnungkan dalam hal  lain.

Kata mutiara dalam film Naruto ini bisa disederhanakan. Misalnya begini, “Seseroang yang tiak memedulikan temannya lebih sampah dari pada sampah.”

       4.     Kita tidak akan tahu (hasilnya) sebelum kita mencobanya

Kata mutiara dalam film Naruto yang keempat ini sering diucapkan oleh Naruto sendiri. Misalnya ketika melawan Hyuga Neji. Sepertinya, kata mutiara ini juga yang membuat Naruto selalu berusaha dan tidak pernah putus asa. Meski kemungkin berhasilnya sangat minim.

Kata mutiara ini juga sering digunakan Naruto untuk mematahkan keyakinan musuh-musuhnya mengenai takdir. Mereka meyakini sebuah takdir sekaligus tidak mau berusaha dan berikhtiyar.

Kata mutiara yang sering diucapkan Naruto ini mengajarkan satu hal, kita tidak tahu hasil akhirnya. Kita tidak tahu takdirnya seperti apa. Oleh karena itu, kita harus berusaha.

Orang yang tidak berusaha pasti gagal. Kegagalan itu takdir. Orang yang berusaha bisa gagal bisa berhasil. Jika gagal, maka itu takdir. Jika berhasil, itu juga takdir. Kata Ibnu Hajar al-‘Asqalani, setiap sesuatu yang terjadi di dunia ini itulah takdir.

        5.     Aku mencintai seseorang, tapi aku tidak pernah memaksanya untuk mencintaiku

Kata mutiara dalam film Naruto yang kelima ini juga diucapkan oleh Naruto. Naruto mengatakannya pada seorang perempuan yang menjadi ratu. Perempuan ini cantik dan memaksa Naruto untuk menikahinya.

Maka Naruto meyakinkan perempuan itu, bahwa dia tidak harus memaksa seseorang untuk mencintainya.

Kata mutiara ini cocok untuk yang sedang jatuh cinta. Namun cintanya tidak terbalas. Alias bertepuk sebelah tangan.

Seperti ketika Naruto jatuh cinta pada Sakura. Akan tetapi, Sakura tidak membalas cinta itu. Yah, Naruto slow aja. Dia tidak memaksa.

Apakah bisa diaktakan, Naruto hebat dalam pertempuran, tapi dia gagal menanklukkan hati perempuan? Ternyata tidak juga. Karena Naruto tidak benar-benar mencintai Sakura. Naruto merasa mencintai Sakura karena berdasarkan persaingan. Dia tidak ingin kalah dari Sasuke.

       6.     Jika ada hal yang lebih berharga dari perdamaian, aku akan mencarinya

Kata mutiara dalam film Naruto yang keenam ini tertulis dalam novel Jiraiya Sensei. Jiraiya terinspirasi dari ucapan Nagato waktu kecil. Kata mutiara ini juga yang membuat Nagato insaf dan menyadari kesalahannya.

Nagato disadarkan oleh Naruto Uzumaki setelah menghancurkan Konoha. Naruto membawa novel karya Jiraiya. Lalu membacakan kata mutiara ini di hadapan Nagato.

Kata mutiara ini bermakna, betapa pentingnya sebuah perdamaian. Banyak orang yang menginginkannya, akan tetapi perdamaian tidak kunjung datang. Selalu saja ada pertempuran. Dunia ini seperti terkena kutukan.

Baca juga: 

Maka, pendekar-pendekar dan para pahalawan tidak akan putus asa. Mereka akan terus mencari dan mewujudkan perdamaian. Bahkan, jika ada suatu hal yang lebih berhaga dari perdamaian, mereka akan mencarinya.

Selain itu, kata mutiara dalam film Naruto ini juga menggambarkan betapa dahsyatnya sebuah tulisan. Karena kata mutiara ini tertulis dalam sebuah novel. Dan kata mutiara ini yang kemudian dibacakan Naruto di hadapan penjahat Nagato.

Itulah kata mutiara dalam film Naruto yang sangat inspiratif. Tentunya, sangat banyak kata mutiara yang sangat inspiratif dalam film Naruto. Akan tetapi, yang saya ingat cuma itu. Semoga menginpirasi ya! Salam.

loading...

Related

Ngobrolin 1389475614009408208

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Toko Buku

Toko Buku
Klik aja !

Hot in week

Terbaru

Profil

Contact Us

Name

Email *

Message *

Komunitas

FLP
item