-->
lm2ehI3jonma4uzm1pDxTuKLeJW1muj7wMTB5q1K

Ngaji[combine]

Baper[oneright]

Review[oneleft]

Cerpen[three](3)

Lifestyle[hot](3)

Kisah[two]

Aksara[dark](3)

    Page

    Bookmark

    Keren Banget! 5 Ciri-Ciri Mahasiswa Sukses di Masa Depan

    Kamu mahasiswa? Pasti ingin sukses kan di masa depan? Jika kamu ingin sukses, 5 ciri-ciri mahasiswa sukses ini perlu ada dalam diri kamu saat menjadi mahasiswa. Ciri-ciri mahasisiwa sukses ini merupakan hasil penelitian dari seorang profersor dari Cornell University yang bernama Samuel B. Bacharach.

    Berdasarkan pengalamannya selama menjadi dosen selama 40 tahun, profesor Amerika Serikat ini mengamati bahwa mahasiswa yang sukses di masa depan kebanyakan memiliki 5 ciri-ciri mahasiswa sukes berikut ini:

    pixabay


            1.      Semangat Menambah Ilmu

    Mahasiswa yang semangat menambah ilmu apa saja. Baik ilmu yang berkaitan dengan pelajaran kelas atau bukan. Dia aktif ikut seminar terbuka, membantu penelitian dosen, menulis artikel ilmiah, dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan ilmu.

    Benarlah kata seorang kiai mengutip sebuah maqalah, bahwa barangsiapa yang ingin (sukes) dalam keduniaan, maka harus tahu ilmunya. Barangsiapa yang ingin sukes dan selamat di akhirat, juga harus tahu ilmunya.

    Saya jadi teringat dawuh KH. Hasyim Muzadi dalam salah satu buku yang mengopas biografi beliau. Tapi saya lupa judul buku tersebut. Kata beliau kurang lebih, “Seseorang akan terus menjadi kacung jika dia tidak bisa meningkatkan kualitas intelektualnya.”

            2.      Bisa Dipercaya

    Mahasiswa  jujur sehingga bisa dipercaya. Dia memang memiliki ambisi, tapi dia meraihnya dengan cara yang benar. Amanah; dapat dipercaya adalah keperibadian yang memang harus dilatih sejak dini.

    Selain itu, saya juga pernah mendengar, modal utama untuk sukses adalah dapat dipercaya. Orang percaya kepada kita, maka mereka mau bekerja sama. Orang percaya kepada kita, maka orang ingin berbisnis dengan kita. Orang percaya kepada kita, maka mengundang kita.

    Gimana agar kita dipercaya orang? Kepercayaan harus kita bangun. Salah satunya dengan jujur, memiliki keahlian, serta berkualitas.

    Teringat perkataan Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitab al-Fath al-Mubin. Dulu saya baca kitab ini waktu ngaji Kitab Hadis al-Arbain an-Nawawi. Kata beliau seingat saya ketika menjelaskan hadis yang ke-17, “Lakukanlah yang terbaik dalam hal apapun.” 

            3.      Rendah Hati

    Ciri-ciri mahasiswa sukses berikutnya adalah rendah hati. Dia memang memiliki banyak kemampuan dan keistimewaan, tapi tetap rendah hati. Dia mengakui kelebihan dan kehebatan orang lain, sekaligus bisa memahami kekurangan diri sendiri.

    Barangkali dalam istilah pesantren, adalah tawadu. Salah satu senior saya yang sudah sukses pernah berpesan kepada saya, agar tidak sombong. 

    Orang sombong dan merasa pintar tidak akan pernah berhasil. Karena dia tidak mau mengambil pelajaran dan belajar pada kelebihan orang lain. Padahal setiap orang pasti memiliki nilai lebih dan kita perlu mempelajarinya.

           4.      Memiliki Kemampuan Memimpin

            Memiliki kemampuan memimpin itu memang perlu latihan. Mahasiswa yang menjadi ketua sebuah organisasi, pasti diawali dari hal yang kecil. Misalnya menjadi ketua kelompok belajar. Memiliki kemampuan memimpin adalah bekal untuk sukses di masa depan.

            Tapi menurut saya, menjadi pemimpin itu bisa dilatih dengan memimpin diri sendiri dengan baik. Bagaimana bisa menjadi pemimpin orang lain, kalau memimpin dirinya sendiri tidak bisa.

            Kita perlu bertanya pada diri sendiri saat ini, sudahkah kau mampu mengerjakan tugas tepat waktu? Sudahkah kau mampu melaksanakan kewajiban sebaik versimu? Sudahkah kau mampu memimpin dirimu sendiri untuk hidup dengan penuh kebermanfaatan?

            2.      Lebih Menonjol

    Mahasiswa yang memiliki kelebihan sehingga lebih menonjol dari yang lain. Baik dari segi ketajaman berpikir, banyak baca, dan aktif berdiskusi. Kata orang bijak, seseorang akan menjadi istimewa saat dia berbeda.

    Ya, kita perlu mencari nilai lebih yang ada pada diri kita. Lalu kita pertajam dan kita jadikan sebagai modal untuk terus bergerak. Ya, bergerak. Bukan stagnan. Bukan berjalan di tempat. Bukan hanya scroll-scroll tanpa ada manfaat.

    Bergerak! Karena bergerak itu berkah.

    Nah, itulah ciri-ciri mahasiswa sukses di masa depan. Bagi kamu yang masih mahasiswa, semangat!

     

    *Diambil dari Inc.com dan sumber lain

    Posting Komentar

    Posting Komentar