Salat Taubat Membuat Sandal Sayidina Bilal Masuk Surga Mendahului Rasulullah


Manusia itu tempat salah dan dosa. Hanya orang tertentu saja yang tidak berdosa. Namun, sebaik-baiknya orang yang berdosa adalah dia yang bertaubat. Meminta ampun kepada Allah.

Bertaubat bisa dibarengi dengan salat taubat. Hal ini dianjurkan. Sebagaimana hadis Rasulullah. Mengenai salat taubat, penulis jelaskan di bawah ini.

Arti Salat Taubat

Arti salat menurut istilahnya adalah pekerjaan dan perkataan yang diawali dengan takbir dan diakhir dengan salam.


Adapun arti taubat secara bahasa adalah kembali (secara mutlak) atau kembali dari dosa. Sedangkan arti taubat dalam istilahnya adalah kembali (meninggalkan) dari pekerjaan-pekerjaan yang dicela menuju pekerjaan-pekerjaan yang terpuji.

Dalil Salat Taubat

Salat taubat pernah disabdakan oleh baginda Rasulullah saw.. Sabda beliau ini diriwayatkan oleh Imam Turmudiz. Bunyi hadisnya sebagaimana berikut:

ما من رجل يذنب ذنبا ثم يقوم فيتطهر ثم يصلي ثم يستغفر الله إلا غفر له ثم قرأ هذه الآية { والذين إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم 
ذكروا الله } إلى آخر الآية

“Tidaklah seorang laki-laki yang berbuat dosa. Kemudian berdiri lalu bersuci. Kemudian salat. Kemudian beristighfar (meminta ampun) kepada Allah kecuali diampuni oleh Allah. Kemudian Rasulullah membaca surat “والذين إذا فعلوا فاحشة أو ظلموا أنفسهم ذكروا الله” sampai akhir ayat.” (HR. Imam Turmudzi)

Cara Salat Taubat

Menurut Syaikh Nawawi al-Jawi dalam kitabnya, Nihâyah az-Zain, salat taubat itu sunah. Dalam kitab al-Mausû’ah al-Fiqhiyah juga dijelaskan, salat taubat sunah menurut empat madzhab fikih.

Adapun cara salat taubat sebagaimana penjelasan Syaikh Nawawi al-Jawi adalah sebagaimana berikut:

Seseorang yang ingin bertaubat, salat dua rakaat. Diniati melaksanakan salat sunah taubat. Setelah selesai mengerjakan salat taubat, lalu bertaubat (meminta ampun) kepada Allah swt..

Taubat yang dilaksanakan setelah salat taubat ini harus mencakup tiga hal. Pertama, menyesal. Kedua, meninggalkan dosa yang pernah dilakukan. Ketiga, bertekad tidak mengerjakan lagi.

Jika ada hak atau tanggungan yang belum dibayar dan dilunasi, maka segera dilunasi.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Syaikh al-Mubarakfuri dalam kitab Tuhfah al-Ahwadzî.

Andai salat taubat dilakukan setelah bertaubat, maka boleh-boleh saja dan salat taubatnya sah. Misalnya, bertaubat dahulu. Setelah itu melaksanakan salat taubat. Boleh-boleh saja.

Adapun niat salat taubat adalah sebagaimana berikut:

اصلى سنة التوبة لله تعالى
Usholli sunnatat taubati lillahi ta’ala
Artinya: saya niat salat sunah taubat karena Allah Ta’ala.

Keutamaan Salat Taubat

Berbicara keutamaan salat taubat, tidak terlepas dari keutamaan bertaubat. Adapun keutamaan bertaubat bahwa bertaubat itu paling utamanya ketaatan.

Juga, taubat bisa menghapus dosa. Sebesar apapun dosa itu. Bahkan dosa kufur pasti terhapus setelah bertaubat.

Namun, hal ini jika taubatnya benar. Tulus dari hati.

Berkah Salat Taubat, Sandal Sayidina Bilal Masuk Surga

Hal yang luar biasa tentang keutamaan salat taubat adalah cerita sahabat Bilal. Dalam kitab Sunan Turmudzi diceritakan, pada suatu pagi Rasulullah memanggil sahabat Bilal.

Rasulullah bertanya, amal apa yang dilakukan sahabat Bilal sehingga dia mendahului Rasulullah masuk surga.

Kata Rasulullah, setiap masuk ke surga, beliau mendengar bunyi sandal sahabat Bilal. Mendengar pertanyaan itu, sahabat Bilal mengungkapkan amalannya:

يا رسول الله ما أذنبت قط إلا صليت ركعتين وما أصابني حدث قط إلا توضأت عندها وصليت ركعتين

“Wahai Rasulullah… Saya tidak melakukan dosa kecuali saya salat dua rakaat. Saya tidak berhadas kecuali saya berwudu dan salat dua rakaat.”

Baca juga: 

Cerita ini menjelaskan bahwa ketika sahabat Bilal berdosa, maka sahabat Bilal salat dua rakaat. Bisa diartikan sahabat Bilal mengerjakan salat taubat. Dan ketika hadas (batal wudu), sahabat Bilal langsung berwudu.

Related

Ngaji 5523771925247257008

8 commentsDefault Comments

  1. Penting nih, harus banyak solat taubat. Amat banyak dosa yg ngak disadari.

    btw, makasih sudah nulis ini, semoga bisa dipraktikan.

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah, lanjutan dari sholat taubat adalah meninggalkan dosanya tersebut, juga senantiasa menghindari untuk melakukannya di masa mendatang. Meski sedikit-sedikit rasa ikhlas taubatnya, seenggaknya bukan nggak ada sama sekali.

    ReplyDelete
  3. Prespektif lain dari sandal Bilal yang masuk surga duluan. Presfektif lain adalah shalat sunnah wudhu. Tetapi apapun itu, keduanya shalat sunnah taubah dan shalat sunnah wudhu perlu juga dikerjakan

    ReplyDelete
  4. Shalat taubat harus dilakukan ya, jika perlu diulang dan setelah itu berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah baca blog ini bisa terus belajar dan belajar.. semoga Bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Konon, shalat sunnah taubat adalah salah satu bentuk kesungguhan taubat seorang hamba. Para asatidz menyarankan ibadah ini, pasalnya tak mungkin kita terlepas dari dosa setiap harinya. Terima kasih ilmunya

    ReplyDelete
  7. Ibuk saya juga sering nyuruh saya salat taubat rutin tiap hari kalo bisa. Sebab siapa tau lewat taubat kita yg terus-menerus dan ikhlas, itulah yang akan memasukkan kita ke surga.

    ReplyDelete
  8. Anuu.. Shalat taubat ini ga terikat waktu kan kak? Bisa dikerjakan kapan saja yg penting niatnya taubat?

    ReplyDelete

emo-but-icon

Toko Buku

Toko Buku
Sinopsis atau mau pesan: silahkan klik gambar!

Populer

Terbaru

Profil

item