Keutamaan Membaca Surat al-Waqiah Ketika Sulit Mendapatkan Rezeki

 Surat al-Waqiah tidak asing lagi bagi umat Islam. Surat yang turun di Makkah ini sering dibaca di waktu tertentu. Bahkan ada sebagian umat Islam yang membacanya rutin.

Tentu, membaca Surat al-Waqiah akan mendapatkan pahala. Surat al-Waqiah adalah bagian al-Quran. Sedang membaca al-Quran akan mendapatkan pahala yang begitu banyaknya. Dalam suatu riwayat, satu huruf al-Quran sama dengan 10 kebaikan.

Keutamaan Surat al-Waqiah


Apakah ada keutamaan membaca Surat al-Waqiah yang dijelaskan oleh para ulama?

Keutamaan Membaca Surat al-Waqiah

Tentu, Surat al-Waqiah memiliki banyak keutamaan. Keutamaan ini menurut sebagian ulama adalah mujarab (sudah terbukti ampuh). Nah, berikut ini keutamaan membaca Surat al-Waqiah:

       1.     Membuat pembacanya kaya dan dijauhkan dari kefakiran

Dalam sebuah hadis dijelaskan, Surat al-Waqiah adalah surat kaya. Oleh karenanya perlu dibaca dan diajarkan kepada keluarga. Rasulullah bersabda,

علموا نساءكم سورة الواقعة فإنها سورة الغنى

“Kalian ajarilah perempuan-perempuan kalian surat al-Waqiah. Karena surat al-Waqiah adalah surat kaya.” (HR. ad-Dailami)

Selain itu, keutamaan Surat al-Waqiah juga membuat pembacanya terhindar dari kefakiran. Sabda Rasulullah,

من قرأ سورة الواقعة فى كل ليلة لم تصبه فاقة أبدًا

“Barangsiapa yang membaca surat al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.” (HR. Imam al-Baihaqi)

Menurut ulama, hadis ini daif. Akan tetapi, tidak masalah mengamalkan hadis daif dalam motivasi ibadah. Meski demikian, Syaikh Ismail Haqqi menulis dalam bukunya, Ruh al-Bayân, mengutip pendapat mufti Sa’di, hadis ini sahih.

      2.     Membuat badan kita sehat dan selamat dari penyakit

Selain itu, keutamaan Surat al-Waqiah juga membuat kita sehat dan terhindar dari penyakit. Hal ini diungkapkan oleh Syaikh Muhammad al-Khadimi dalam kitab Barîqah Mahmûdiyah. Kata beliau,

وَقَالَ الْمُنَاوِيُّ هَذَا مِنْ الطِّبِّ الْإِلَهِيِّ وَإِنَّهَا تَنْفَعُ لِحِفْظِ الصِّحَّةِ وَإِزَالَةِ الْمَرَضِ

“Imam al-Munawi berkata bahwa ini (Surat al-Waqiah dapat menghindarkan dari kefakiran) itu termasuk pengobatan Ilahi (at-thib al-ilahi). Dan sesungguhnya, Surat al-Waqiah bermenfaat untuk menjaga kesehatan dan menghilangkan penyakit.”

Itulah dua keutamaan Surat al-Waqi’ah yang ditulis oleh para ulama.

Ijazah al-Waqiah Fadilah


Ulama Salaf Membaca Surat al-Waqiah Ketika Susah Mendapat Rezeki

Membaca Surat al-Waqiah sudah menjadi rutinitas sebagian ulama salaf. Ada yang membaca setiap malam, ada pula yang membaca setiap tertimpa kesusahan.

Imam al-Baihaqi mengatakan, sahabat Ibnu Mas’ud menyuruh putri-putrinya agar membaca Surat al-Waqiah setiap malam. Kata beliau,

وكان ابن مسعود يأمر بناته بقراءتها كل ليلة

“Sahabat Ibnu Mas’ud memerintah pada anak-anak perempuannya untuk membaca Surat al-Waqiah setiap malam.”

Oleh karenanya, sahabat Ibnu Mas’ud tidak hawatir pada putri-putrinya meski tidak diberi warisan. Karena beliau sudah menyuruh mereka untuk membaca Surat al-Waqiah. Kutipan perkataan beliau,

إني لأرجو أن لا تصيبهم فاقة أبدا إني قد أمرت بناتي بقراءة الواقعة كل ليلة

“Sesungguhnya aku berharap mereka tidak tertimpa kefakiran selamanya. Karena aku sudah memerintah putri-putriku untuk membaca Surat al-Waqiah setiap malam.”

Imam al-Ghazali juga menyebutkan dalam kitab Minhâj al-Âbidîn, bahwa para wali membaca surat al-Waqiah saat susah mencari rezeki dan hidup tidak baik-baik saja. Imam al-Khazin dalam tafsirnya juga mengatakan, bahwa Imam Abu Dhabyah selalu istikamah membaca Surat al-Waqiah.

Faedah dan keutamaan membaca Surat al-Waqiah

Membaca al-Quran untuk Mendapatkan Harta, Bolehkah?

Pertanyaannya kemudian, kok bisa membaca Surat al-Waqiah dapat menghindarkan dari kefakiran? Nah dalam masalah ini ada perbedaan pendapat.

Ada yang mengatakan, membaca Surat al-Waqiah bikin kita kaya. Juga bikin terhindar dari kefakiran. Maksudnya adalah kaya hati.

Seseorang yang membaca Surat al-Waqiah akan kaya hatinya. Merasa cukup dengan apa yang dia punya. Dia akan sabar dengan semua yang diberi Allah. dia hanya memikirkan akhirat saja. Tentu hal tersebut dikarenakan tadabbur pada isi Surat al-Waqiah.

Namun demikian, menurut Syaikh al-Khadimi, pengertian hadis yang menjelaskan keutamaan Surat al-Waqiah tetap diartikan secara lahiriah saja. Tidak perlu diartikan secara majaz. Agar tidak menyalahi konsep ilmu usul.

Artinya, membaca Surat al-Waqiah itu bisa memperlancar rezeki dan menghindarkan dari kefakiran. Yang dimaksud rezeki di sini adalah materi bukan kaya hati.

Imam al-Ghazali juga sempat isykal pada ulama-ulama di masanya. Kenapa mereka membaca Surat al-Waqiah agar mudah mendapatkan harta. Padahal membaca Surat al-Waqiah itu ibadah dan bernilai akhirat. Sedangkan harta itu duniawi dan tidak bernilai akhirat.

Imam al-Ghazali pun menanyakan hal itu pada ulama-ulama yang membaca Surat al-Waqiah itu. Lalu mereka menjawab, membaca Surat al-Waqiah agar mudah mendapatkan rezeki itu maksudnya adalah agar  hati qana’ah (rida pada yang dimiliki).

Pula bisa diartikan, membaca Surat al-Waqiah agar mudah mendapatkan qut (biaya hidup). Biaya hidup itu digunakan untuk beribadah atau menyebarkan ilmu.

Imam al-Ghazali menulis kisah ini dalam kitab Minhaj al-Ibidin. Kisah ini memberi pengertian, membaca Surat al-Waqiah agar mudah mendapatkan rezeki itu memiliki dua pengertian. Pertama, mendapatkan rezki yang berupa kaya hati atau qanaah. Kedua, mudah mendapatkan harta tetapi harta itu untuk ibadah.

Baca juga:

Nah, itulah kutamaan membaca Surat al-Waqiah dengan istikamah. Surat al-Waqiah dapat menajga kesehatan dan menghilangkan penyakit. Juga mempermudah rezeki. Hal ini menurut Imam al-Munawi sebagai at-Thib al-Ilahi (pengobatan yang disandarkan pada Tuhan).

Related

Ngaji 4221535829966997033

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Toko Buku

Toko Buku
WA: 0878-6870-9737

Terbaru

Hot in week

Profil

Contact Us

Name

Email *

Message *

Komunitas

FLP
item