5 Menfaat Berdoa untuk Kesehatan Mental, Yuk Kita Coba

 

Menfaat berdoa untuk kesehatan mental?

Setiap orang pasti ingin sesuatu. Untuk mendapatkannya, dia berdoa. Juga berusaha. Saya pun berdoa. Minta banyak hal. Termasuk kesuksesan.

Saat nyantri dulu, saya pernah membaca, ada ulama yang tidak mau berdoa.

Kenapa? Karena mereka yakin, Allah pasti memberi tanpa diminta. Apa yang menjadi bagian kita, pasti dikasihkan oleh Allah.

Menfaat berdoa/fr.freefik.com


Orang yang berdoa, berarti tidak percaya kepada Allah. Tidak percaya kepada takdir Allah.

Tentu, ada ulama lain yang membantah. Kata ulama ini, kita berdoa bukan tidak percaya pada takdir. Kita berdoa, karena Allah memerintah kita berdoa.

Seperti dalam ayat,

اذا سألك عبادي عني فاني قريب، أجيب دعوة الداع اذا دعان.

Entah ayat ini surat apa. Tentu, masih banyak ayat lain. Juga hadis nabi.

Artinya, ketika kita berdoa, kita ikut perintah Allah. Kita beribadah kepada Allah. Bukan karena tidak percaya kepada takdir Allah.

Saya membaca perbedaan pendapat itu dalam kitab Syarh al-Hikam. Karya Ibnu Athaillah as-Sakandari. Kalau enggak salah ya.

Lalu ikut yang mana? Ikut yang mana saja boleh. Tetapi kalau saya, lebih suka pada pendapat yang kedua. Yakni, berdoalah.

Bagi saya, berdoa itu banyak menfaatnya. Tidak hanya mendapatkan apa yang saya minta. Tetapi juga, menguatkan dan menyehatkan mental. Artinya, berdoa itu bermenfaat untuk kesehatan mental.

Apa lagi, Allah sudah berjanji, setiap doa yang kita panjatkan, pasti Allah kabulkan. Tetapi, Allah memiliki banyak cara untuk mengabulkannya. Nah, inilah 5 menfaat berdoa untuk kesehatan mental.

1. Meringkuh di hadapan Allah

Ketika kita berdoa kepada Allah, kita mengakui, kita lemah. Sebaliknya, Allah Maha Perkasa. Allah Maha Segalanya. Kita butuh kepada Allah. Kita butuh pertolongan Allah.

Kita bermunajat. Kita mengadu. Kita menangis. Kita bersujud. Kita meminta. Kita memohon. Semua itu bentuk ketidak berdayaan kita di hadanpan Allah. Dan Allah yang Maha Sempurna.

Tentu, ketika seperti itu, ada rasa tentram, nyaman, dan lega rasanya. Seakan-akan Allah memeluk, melindungi, dan menghapus air mata kita.

Prinsipnya, tidak ada tempat yang paling nyaman untuk mengadu selain di hadapan-Nya.

Ketentraman hati, kenyamanan pikiran, dan kesejukan perasaan adalah pertanda dari kesehatan mental. Itulah maksud menfaat berdoa untuk kesehatan mental.

 

2. Merasakan semangat setelah berdoa

Menfaat berdoa yang kedua adalah merasa semangat. Ya, semangat untuk mencapai impian. Semangat untuk mengejar keinginan.

Selesai berdoa, ada energi yang kuat di dalam jiwa. Energi itu mendorong untuk bertindak. Melangkah sedikit demi sedikit. Agar sampai di tujuan.

Benarlah, kata itu doa. Karena kata yang diungkapkan, itu pasti mempengaruhi jiwa. Kata positif, akan berpengaruh positif. Kata negatif, akan berpengaruh negatif.

Apa lagi kata yang dipanjatkan pada Sang Pencipta. Pasti pengaruhnya luar biasa.

Tak heran jika dalam Islam setiap aktivitas ada doanya. Hikmah lain dari doa itu, mengalirkan energi Ilahi dalam jiwa kita.

Energi Ilahi itu akan menjadi lokomutif gerakan kita. Sehingga gerakan kita positif. Kita pun menjadi hamba yang selalu bergerak ke arah positif.

Makanya, rugi jika kita meremehkan doa di setiap aktifitas. Paling tidak baca basmalah. Berdoa membuat kita semangat untuk mendapatkan apa yang kita sebtukan dalam doa.

 

3. Merefresh energi positif

Sebagai manusia biasa, motivasi dan energi yang kita miliki itu bisa mengendur. Bisa luntur. Kemudian hilang.

Ketika kita berdoa, energi itu datang lagi. Kayak ada refresh. Motivasi yang kita miliki bangkit lagi.

Hal ini terjadi terus menerus. Sehingga tercapailah apa yang kita inginkan. Seperti yang kita panjatkan.

 

4. Lebih tenang menghadapi kesulitan

Doa membuat kita tenang. Pikiran kita lebih stabil. Oleh karenanya, ketika ada kesulitan, maka kita akan lebih tenang menghadapi. Mudah mencari solusi. Gampang mendatangkan isnpirasi.

Ya, karena hati sudah mengadu kepada Allah. Hati sudah meminta kepada Sang Pencipta dan Pemilik segalanya. Kita seakan-akan merasa lebih besar dari keulitan-kesulitan yang menghadang.

Itulah menfaat berdoa untuk kesehatan mental yang keempat.

 

5. Lebih percaya diri untuk mencapai kesuksesan

Percaya diri adalah salah satu komponen penting agar kita sukses. Tidak percaya diri biasanya disebabkan karena takut. Takut berpenampilan buruk, takut tidak sesuai harapan, dan seterusnya.

Doa akan membuat kita yakin. Doa membuat hati kita tidak takut. Doa membuat hati kita lebih berenergi. Sebab Allah sudah menjadi landasan. Kita sudah pasrahkan kepada-Nya.

Baca juga:

Benarlah kata kalam hikmah, “Jika jalinan hubunganmu dengan Allah baik, maka Allah akan membuat baik hubunganmu dengan manusia.”

Itulah menfaat berdoa untuk kesehatan mental kita yang kelima.

Tentu, masih banyak menfaat berdoa untuk kesehatan mental dan kesuksesan kita. Tetapi, itu saja yang bisa saya share kali ini. Semoga bermenfaat. Allah Maha Baik, itu pasti.

loading...

Related

Nongkrong 6992553827924115775

Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Terbaru

    Hot in week

    Profil

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Komunitas

    FLP
    item