Tidur Pagi Dapat Menghambat Rezeki, Ini Loh Hadisnya!


Mungkin kita pernah mendengar kalimat, “Jangan tidur pagi karena dapat menghambat rezeki!”. Atau kalimat yang sudah lumrah dalam masyarakat yaitu “Jangan bangun terlalu siang, nanti rezekimu diambil ayam!”

Ternyata, kalimat-kalimat di atas memang benar adanya. Tidur pagi memang menghambat rezeki. Jadi, kalau ingin rezekimu lancar, maka jangan tidur pagi!

fr.freefik.com

Kok bisa begitu, karena memang banyak hadis yang mengatakan demikian. Hadis-hadis Rasulullah itu memang menegaskan, tidur pagi menghambat kesuksesan.


Misalnya hadis berikut:

نوم الصبحة يمنع الرزق

“Tidur pagi dapat menolak/mencegah rezeki.” (HR. Imam Ahmad, Imam Baihaqi, dan Lainnya).

Hadis tersebut dengan jelas mengatakan, tidur pagi itu memang dapat mencegah rezeki. Sama dengan kalimat-kalimat yang biasanya diucapkan masyarakat di atas.

Imam Ibnu Majah juga meriwayatkan:

نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم عن النوم قبل طلوع الشمس

“Rasulullah saw. melarang tidur sebelum terbitnya mentari.” (HR. Imam Ibnu Majah)

Nabi Melarang Sayidah Fatimah Tidur Pagi

Rasulullah saw. juga melarang putri tercintanya untuk tidur pagi. Dalam sebuah riwayat dijelaskan, pada suatu hari Sayidah Fatimah tidur pagi. Rasulullah pun membangunkannya.

Rasulullah menyuruh Sayidah Fatimah bangun. Sebab, rezeki-rezeki Allah dibagi-bagi pada waktu pagi.

Hadisnya sebagaimana berikut:

عَنْ فَاطِمَةَ بِنْتِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ: مَرَّ بِيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا مُضْطَجِعَةٌ مُتَصبِّحَةٌ، فَحَرَّكَنِي بِرِجْلِهِ، ثُمَّ قَالَ: " يَا بُنَيَّةُ قَوْمِي اشْهَدِي رِزْقَ رَبِّكِ، وَلَا تَكُونِي مِنَ الْغَافِلِينَ، فَإِنَّ اللهَ يَقْسِمُ أَرْزَاقَ النَّاسِ مَا بَيْنَ طُلُوعِ الْفَجْرِ إِلَى طُلُوعِ الشَّمْسِ "

“ Dari Sayidah Fatimah putri Muhammad saw.. Beliau berkata: Rasulullah mendatangiku. Aku sedang tidur di waktu pagi hari. Lalu Rasulullah menggerakkanku dengan kaki beliau.

Kemudian beliau bersabda, “Wahai anak perempuanku, berdirilah! Lihatlah rezeki Tuhanmu. Dan janganlah kamu lalai. Karena Allah membagi-bagikan rezeki pada manusia di antara keluarnya fajar (masuk waktu subuh) hingga terbitnya mentari (dari timur).” (HR. Imam Baihaqi)

Pagi Adalah Waktu yang Berkah Menurut Islam

Pagi adalah waktu yang berkah dalam Islam. Waktu yang memang sangat baik untuk dibuat melaksanakan sebuah aktivitas.

Kenapa bisa berkah? Karena Rasulullah telah mendoakannya agar pagi hari menjadi waktu yang berkah. Maka, sangat sayang jika kita tidur pagi.

Rasulullah saw. berdoa:

اللهم بارك لأمتي في بكورها

“Ya Allah, berkahilah untuk umatku di pagi harinya!”

Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Turmudzi. Imam Turmudzi mengatakan hadis ini sahih. Hadis ini juga ditulis dalam kitab Riyad as-Shalihin.

Imam Nawawi mengatakan –sebagaimana dikutip Imam al-Munawi dalam kitab Fayd al-Qadir--, jika kita memiliki aktivitas, seperti membaca, mencari ilmu, bekerja, atau yang lainnya sunah dilakukan di pagi hari. Karena mengikuti hadis di atas.

Imam Ibnu Bathal juga mengomentari hadis di atas. Menurut beliau dalam kitab Syarah Sahih Bukahri-nya, beraktivitas di selain pagi itu sebenarnya juga berkah. Beraktivitas di selain pagi jgua tidak makruh (dibenci).

Artinya, aktivitas di selain pagi hari boleh-boleh saja.

Hanya saja, pagi hari adalah waktunya semangat. Waktu di mana kita bugar karena selesai istriahat. Biasanya, kebanyakan orang memulai pekerjaan di waktu pagi ini.

Oleh karenanya, Rasulullah saw. mendoakan waktu pagi secara khusus. Agar pagi menjadi waktu yang berkah. Sehingga umat beliau mendapat keberkahan dari doa beliau.
Dengan demikian, pagi hari adalah waktu yang istimewa dalam Islam.

Jika Kita Mendapatkan Berkah, Kita Mendapatkan Kesuksesan

Lalu apa yang dimaksud berkah dalam hadis diatas? Menurut Imam al-Munawi dalam kitab Fayd al-Qadir, yang dimaksud berkah adalah kebaikan yang ditetapkan/diberikan oleh Tuhan.

Maksudnya, jika kita beraktivitas di pagi hari, maka aktivitas itu akan melahirkan kebaikan-kebaikan yang kita inginkan.

Jika kita membaca di pagi hari, maka kita akan cepat faham. Jika kita bekerja di pagi hari, maka kita akan cepat berhasil dan cepat sukses.

Jika kita hanya tidur pagi dan mager saja, keberkahan itu hilang begitu saja.

Sahabat Rasulullah Menjadi Orang Kaya Disebabkan Mulai Bekerja di Pagi Hari

Menjadi orang sukses disebabkan tidak tidur pagi itu benar adanya. Bukan hanya kaleng-kaleng. Hehehe..

Dalam riwayat Imam Turmduzi disebutkan, ada sahabat nabi yang bernama Sokhr al-Ghamidi. Dia adalah seorang pedagang.

Ketika ingin memberangkatkan pekerja-pekerjanya, dia melakukannya di pagi hari. Alasannya karena ikut sabda Rasulullah. Rasulullah bilang, pagi itu berkah.

Maka benarlah. Sahabat Sokhr al-Ghamidi menjadi orang kaya. Dia memiliki limpahan harta. Berkah tidak tidur pagi. Berkah mendapatkan doa nabi.

Jadi, masih berani tidur pagi? Tidur pagi dapat menghambat rezeki loh. Itulah bahaya tidur pagi dalam Islam. Sebagaimana penjelasan hadis tentang tidur pagi di atas.

Tidur Pagi Menurut Akal Memang Dapat Menghambat Rezeki

Saya pernah mendengar celotehan seseorang. Kata dia kurang lebih begini, “Ya iyalah tidur pagi itu dapat menghambat rezeki. Wong pagi-pagi dia seharusnya bekerja, eh malah tidur, ya gak dapat rezeki,”

Baca juga:


“Misalnya ada seseorang mencarinya karena ada pekerjaan. Eh, ternyata dia masih tidur pagi, akhirnya dia nggak jadi ngajak dia. Ya dia nggak mendapatkan rezeki dong,” lanjutnya.

Betul juga ya. Tidur pagi itu secara akal memang dapat menghambat rezeki. Gak perlu hadis-hadisan. Hehehe…

Semoga kita sukses semua… Amin.

loading...

Related

Ngaji 8100372201311378814

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Toko Buku

Toko Buku
Klik aja !

Terbaru

Hot in week

Profil

Contact Us

Name

Email *

Message *

Komunitas

FLP
item