Mau Promosi Brand? Ini Loh Marketing Strategy di Bulan Ramadan Menurut IDN Creative

Sebentar lagi bulan Ramadan akan tiba. Umat Islam akan menyambutnya dengan suka ria. Hal itu bisa dimaklumi, sebab bulan Ramadan adalah bulan penuh ampunan. Juga momentum untuk mengasah spiritual dan kepekaan sosial.

Its, ternyata bulan Ramadan juga perlu menjadi perhatian bagi kamu-kamu yang berbisnis. Kenapa?

Sebab, pada bulan Ramadan, konsumsi masyarakat akan meningkat. Apa lagi di kalangan generasi millennial dan Z. Mereka cendrung memiliki konsumtif cukup tinggi.

Ditambah lagi pandemi Covid-19 belum berakhir. Aktivitas masyarakat lebih banyak di rumah. Tentu kondisi ini akan menyebabkan masyarakat berbelanja secara daring. Waktu santai di rumah akan digunakan nongkrong di internet untuk mencari hal-hal yang dibutuhkan.

Bagi kamu yang memiliki brand, bulan Ramadan adalah kesempatan emas untuk mencuri perhatian masyarakat, utamanya generasi millennial dan Z. Kamu bisa membangun marketing strategy di bulan Ramadan sehingga dapat menggaet mereka.

IDN Media HQ Office

Nah, untuk menangkap perhatian generasi millennial dan generasi Z, inilah marketing strategy di bulan Ramadan dari IDN Creative, selaku agensi digital multi-platform yang fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online.

      1.      Speak Their Language

Kemampuan menyampaikan brand messeg adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki. Bahkan, kemampuan ini berada di urutan pertama. Menurut IDN Creative, brand harus memperhatikan topik-topik yang sering dicari dan dikonsumsi selama Ramadan.

Menghubungkan brand message dengan topik-topik yang sedang banyak dicari tersebut dapat menciptakan kedekatan tersendiri dengan target audiens. Menurut hasil penelitian IDN Creatif, konten ringan dua kali lebih banyak dicari oleh generasi millennial dan Z dari pada kontent lain.

Begitu juga, konten yang bersifat hiburan jauh lebih diminati oleh mereka. Selama bulan Ramadan, pencarian konten hiburan bisa meningkat 6 kali lipat di banding bulan lainnya.

Misalnya, sebuah konten yang berjudul “5 Alasan Jangan Nonton Drama ‘World of Marreiage’ Pas Puasa” terbukti lebih sering dibaca oleh generasi millennial dan Z.

      2.      Go Hyper-Local, Go Hyper-Relevant

Ada sebuah konsep yang perlu banget kamu perhatikan, yaitu menyampaikan sebuah cerita yang tepat, pada orang yang tepat, dengan media yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

Misalnya, Ramadan di rumah tentu membuat masyarakat memiliki banyak waktu untuk menyajikan buka puasa yang beragam. Hal ini bisa dilihat dari data pencarian konten menu dessert yang meningkat drastis.

Maka, pada tahun lalu, campaign Indomilk bermitra dengan IDN Creative dan bisa dibilang sangat sukses.

Waktu itu, IDN Creatif menghubungkan brand susu kental menis itu dengan salah satu unit bisnis IDN Media yang fokus pada konten kuliner; Yummy. Lalu, dibuatlah eksplorasi resep menggunakan produk dari Indomilk.

IDN Creatif membuat keingintahuan audiens semakin meningkat dengan menyampaikan pesan dan ide yang penuh inovatif: susu kental manis tidak hanya bisa dipakai untuk menyajikan makanan yang rasanya manis, tapi juga untuk makanan yang memiliki rasa gurih.

      3.      Tailor-made Your Stories

Menurut IDN Creatif, terlalu banyak generalisasi pada konten tidak akan memberikan output atau hasil yang bagus.

Kita perlu tahu, milenial dan generasi Z memiliki preferensi dan perilaku yang berbeda. Oleh karenanya, konten dengan menggunakan pendekatan personal akan lebih menyentuh dan menarik.

Bukan hanya itu, amplifikasi secara masif dengan memposting konten di banyak publisher juga sangat efektif.

Misalnya, di IDN Media, konten menu buka puasa dioleh dengan desain dan sajian yang berbeda. Disesuaikan dengan publisher atau medianya.

Konten yang berjudul “5 Resep Takjil yang Bikin Ingat Masa Kecil” dimuat di IDN Times. Kemudian dimodifikasi dalam bentuk kaca mata keluarga dan dimuat di Popmama.com. Konten ini kemudian dioleh lagi menjadi tampilan video unik dan ditayangkan di based content di Yummy.

Cara demikian, dinilai sangat efektif dalam menyampaikan satu buah pesan kepada audiens yang berbeda-beda.

Nah, itulah  marketing strategy di bulan Ramadan menurut IDN Creative. Selamat mencoba, semoga sukses!

 

Timmy (panggilan untuk karyawan IDN Media) IDN Creative

Tentang IDN Creative

IDN Creative adalah agensi digital multi-platform yang fokus dan intens pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online. 

 

Tentang IDN Media

IDN Media adalah perusahaan media platform yang diperuntukkan buat generasi milenial dan Z di Indonesia yang sudah memiliki monthly active users (MAU) lebih dari 60 juta.

Visi IDN Media adalah mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat.

Kontak IDN

Zefanya Deby 

Head of Communications 

zefanya.deby@idntimes.com 

081315658052 

Saraya Adzani 

Senior PR & Partnership Associate 

saraya.adzani@idntimes.com 

081218862176

Related

Review 8592000426249402063

Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Terbaru

Profil

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Komunitas

FLP
item