-->
lm2ehI3jonma4uzm1pDxTuKLeJW1muj7wMTB5q1K

Ngaji[combine]

Baper[oneright]

Review[oneleft]

Cerpen[three](3)

Lifestyle[hot](3)

Kisah[two]

Aksara[dark](3)

    Page

    Bookmark

    Berhadiah Puluhan Juta! Kompetisi Film Pendek “Sundance Film Festival: Asia 2021” Persembahan IDN Media

    Mau hadiah puluhan juta? Nah, ini guys ada kompetisi film pendek yang diadakan oleh IDN Media dan XRM Media. Hadiahnya begitu menggiurkan guys. Bagi kamu yang menang, akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar USD 2,000. Mantap bukan!

    Tapi, hadiah itu nomor sekian guys. Tujuan utama mengikuti kompetisi film pendek ini adalah mendongkrak produktifitas kita sebagai bangsa Indonesia. Juga, membagikan nilai-nilai positif yang diharapkan dapat memengaruhi kehidupan kita.

    Dok. Sundance Institute 

    Begitu banyak film yang menginspirasi dan ‘menyentil’ kehidupan kita sehari-hari. Baik yang bertema agama, pendidikan, dan sosial. Baru-baru ini ada film pendek yang bikin gempar Indonesia. Yaitu film pendek “Tilik”. Bahkan pemeran utamanya, Bu Tejo mendadak menjadi artis.

    Bagi saya, selain film Pendek “Tilik”, ada juga film pendek yang berjudul “Di Balik Celana” yang sangat menggelitik. Film ini menceritakan betapa pentingnya arti sebuah nama.

    Karena bercerita tentang kehidupan, film pendek merupakan bagian dari kehidupan kita. Sebagaimana pendapat Winston Utomo, CEO IDN Media, “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, khususnya di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”

    Kompetisi Film pendek ini disponsori oleh Argo, sebuah platform streaming dan kurator global film pendek. Tujuan diadakannya lomba film pendek ini adalah untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung pada pemain-pemain baru di dunia perfilman. Juga untuk mengenalkan mereka di dunia global.

    “Di Sundance Film Festival, kami berkomitmen untuk terus mencari talenta dan karya baru, serta memberi panggung bagi mereka seperti melalui Short Film Competition sebagai bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021. Kami sangat antusias untuk menemukan karya baru dan memperkenalkannya pada audiens yang tentu juga tak kalah antusias,” ujar Mike Plante, Programmer Senior, Short Film, Sundance Film Festival.

    Dok. Sundance Institute 

    Waktu dan Ketentuan Lomba

    Pendaftaran kompetisi film pendik ini dibuka hingga tanggal 9 Juli 2021 untuk Warga Negara Indonesia, baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Ketentuan usia adalah 18 tahun ke atas.

    Adapun genre atau tema film yang bisa diikutsertakan tidak ada batasan. Hanya saja proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan durasi film antara 3 hingga 20 menit.

    Informasi lebih lanjut mengenai Sundance Film Festival: Asia 2021 Short Film Competition, bisa mengunjungi link ini https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

    Keuntungan bagi Pemenang Lomba Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021

    Selain mendapatkan uang puluhan juta rupiah, film pendek yang memenangkan kompetisi juga akan diputar di Sundance Film Festival: Asia 2021 pada bulan September mendatang.

    Juga, memiliki kesempatan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2021 serta mendapatkan penawaran distribusi secara global melalui platform Argo. Jadi, kamu-kamu yang ikut lomba ini berkesempatan untuk mendunia. Bismillah, Amin.

    Agar film pendek yang diikutikan dalam kompetisi ini menang, kamu perlu banget menaklukkan hati para juri ini:

    1.        Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival.

    2.        Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival .

    3.        Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival .

    4.        Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival.

    5.        Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo.

    6.       Susanti Dewi, Head of IDN Pictures .

    Pertanyaannya kemudian, kenapa kita harus ikut kompetisi film pendek ini? Apa untungnya? Kalau kalah gimana?

    Saya kalau ikut lomba itu alasannya cuma satu; berkarya. Mengenai menang dan dapat hadiah, itu bonus saja.

    Memang jika menang, keuntungannya berlipat. Tidak hanya dapat materi, tapi kita juga mendapatkan legitimasi. Masyarakat akan menilai, kita memang bisa. Buktinya menang lomba.

    Lagi, kalau kita ikut lomba, kita berpotensi menang dan kalah. Akan tetapi, ketika tidak ikut, kita pasti tidak akan menang. Hehehe…

    1 komentar

    1 komentar

    • kokonata
      kokonata
      28 Mei 2021 pukul 09.56
      Hadiahnya menggiurkan. Tapi yang lebih penting adalah bisa bersaing dengan filmmaker kelas dunia kalau ikut ajang ini
      Reply