Waw! 6 Fitur Baru RuangBelajar Ini Bakal Membuat Belajar Onlinemu Lebih Efektif

Assalamualaikum teman-teman… Udah tahu RuangBelar belum? RuangBelajar adalah fitur layanan belajar online terbaik dari RuangGuru. Bimbingan belajar berbasis oneline ini akan membantu kita meraih impian loh. Khususnya dalam meraih keinginan dalam bidang akademik.

Sejak pandemi melanda negara tercinta kita, belajar online adalah salah satu yang harus kita lakukan. Pemerintah juga menerapkan pembelajaran online. Ya, untuk menjaga keselamatan kita. Sebab menjaga kesehatan itu keharusan kita gais.

Doc. RuangGuru

Namun, bukan berarti belajar kita anak tirikan. Belajar tetap kita jalankan sebisa dan semaksimal mungkin. Karena ilmu akan menuntun kita menuju kesuksesan. Baik kesuksesan di dunia maupun akhirat.

Belajar juga tidak dibatasi tempat dan waktu. Di manapun kita bisa belajar, kapanpun kita tetap harus belajar. Apa lagi zaman sekarang sudah serba canggih. Ilmu mudah kita dapatkan.

Nah, salah satu aplikasi belajar online terbaik yang akan membantu belajar kita adalah RuangBelajar. RuangBelajar yang merupakan fitur RuangGuru ini akan membuat belajar kita mudah, asyik, dan efektif. Apa lagi, ada fitur-fitur baru yang membuat RuangBelajar semakin lengkap.

Doc. RuangGuru

Saya  ingin mengulas fitur-fitur baru RuangBelajar yang dirilis pada awal Juli 2021 ini. Setidaknya ada 6 fitur baru di RuangBelajar yang akan membuat RuangBelajar di RuangGuru semakin tak tertandingi. Penjelasannya sebagaimana berikut:

      1.     Tes Minat dan Bakat

Tidak semua dari kita menyadari, apa minat dan bakat kita. Padahal, mengetahui minat dan bakat diri sendiri itu penting. Agar kita tahu, pelajaran dan skill apa yang perlu kita kembangkan. Setelah kita tahu minat dan bakat kita, ada jalan terang menuju kesuksesan. Kita pun akan terhindar dari salah jurusan.

Kadang, minat dan bakat kita itu malah disadari oleh orang lain. Nah, RuangBelajar meluncurkan fitur baru yang berupa tes minat dan bakat. RuangBelajar akan membantu kita untuk menemukan karier yang sesuai dengan diri kita dan mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, indukti, dan reasoning kita.

Tes minat dan bakat ini termasuk tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. Tes ini juga akan membantu kita menemukan jurusan yang sesuai minat dan ditopang oleh bakat. Jadi, peluang untuk berhasil semakin terbuka lebar.

      2.     Subtitle Video

Fitur terbaru RuangBelajar yang tidak kalah menarik adalah subtitle video. Udah tahu kan, pembelajaran bisa kita dapatkan dengan mendengar, membaca, dan melihat. Pembelajaran akan semakin efektif jika pembelajaran kita dapatkan dari tiga-tiganya. Kita akan semakin faham dan tidak mudah lupa.

Nah, video-video di RuangBelajar akan dilengkapi dengan subtitle gais. Subtitle ini akan mengaktifkan tiga indra pembelajaran kita. Kita pun menjadi mudah faham, tidak ada poin penting yang terlewatkan, dan pelajaran yang kita dapatkan tidak mudah hilang.

      3.     Fitur Pencarian

Jika kita sudah tahu apa yang harus kita pelajari, kita bisa langsung ketik di fitur pencarian RuangBelajar. Fitur ini akan membantu kita menggunakan waktu kita dengan efesien. Apa lagi, di zaman modern, kecepatan adalah salah satu modal untuk bisa bertahan dan bersaing. Kalah cepat, ya enggak dapat.

      4.     Pet Mission

Secara bahasa, arti Pet Mission adalah misi hewan peliharaan. Dalam fitur ini, terdapat daftar misi harian di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika dalam satu minggu kita mampu menyelesaikan 4 misi, maka kita akan mendapatkan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Fitur ini mirip dengan permainan di game. Setiap kali menang, mendapatkan poin. Level permainan juga semakin meningkat. Oleh karenanya, fitur ini membantu kita terus semangat belajar. Pembelajaran pun kita jalani dengan riang gembira.

      5.     Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Jika kita baca buku, maka kita perlu penanda untuk menandai ketika berhenti. Penanda itu berguna saat kita ingin membaca lagi. Nah, di antara kegunaan fitur rencana belajar ini adalah sebagai penanda.

Jadi, ketika kita menonton video pembelajaran di RuangBelajar lalu terpaksa berhenti karena suatu hal, kita bisa menggunakan fitur Rencana Belajar ini. Fitur ini akan membantu kita untuk melanjutkan dan menyimpan misi agar bisa dipelajari di lain waktu.

Selain itu, fitur ini juga bisa kita gunakan untuk membuat sebuah kebiasaan disiplin. Dengan fitur ini kita bisa mengatur konten apa saja yang harus kita pelajari di setiap minggunya. Dengan demikian, kita bisa merencanakan pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan, timeline, dan agenda di sekolah.

      6.     Adapto

Fitur terbaru yang terakhir dari layanan belajar online terbaik RuangGuru adalah Adapto. Fitur adapto dimaksudkan agar kita bisa mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video. Hasil jawaban-jawaban itu juga memberi tahu pada kita sejauh mana hasil dari pembelajaran yang kita jalankan. Dengan demikain, kita akan melanjutkan pembelajaran sesuai dengan kemampuan kita.

Kalau di sekolah biasa, hal ini tidak bisa dilakukan. Biasanya seorang guru akan melanjutkan pembelajaran. Entah kita sudah memahami materi pembelajaran sebelumnya atau tidak.

Di antara manfaat fitur Adapto ini, membuat pembelajaran di RuangBelajar semakin interaktif. Kita juga didorong agar bisa belajar lebih banyak dalam satu sesi. Caranya dengan membuat pengalaman belajar lebih lancar, berkelanjutan, dan imersif.

Itulah 6 fitur baru dari layanan belajar online terbaik RuangBelajar. Fitur-fitur ini membuat RuangBelajar di RuangGuru semakin beradaptasi dengan kebutuhan kita. Juga, membuat pembelajaran online kita semakin mendekati sempurna.

Gimana? Enggak pengen nyoba tah? Semoga sukses selalu teman-teman. 

Related

Lifestyle 7345151449567689614

Posting KomentarDefault Comments

emo-but-icon

Hot in week

Terbaru

Profil

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

item