-->
lm2ehI3jonma4uzm1pDxTuKLeJW1muj7wMTB5q1K

Ngaji[combine]

Baper[oneright]

Review[oneleft]

Cerpen[three](3)

Lifestyle[hot](3)

Kisah[two]

Aksara[dark](3)

    Page

    Bookmark

    Mengasah Soft Skill Bareng Brain Academy Online

    Kamu ingin sukses toh? Kariermu meningkat? Ternyata, menurut penelitian, kesukesan seseorang itu sangat bergantung pada soft skill-nya loh. Jika seseorang memiliki soft skill yang baik, maka kesuksesan terbuka lebar baginya.

    Hal ini sebagaimana hasil sebuah penelitian dari Harvad University, bahwa soft skill memiliki andil sebanyak 80% dalam kesuksesan seseorang. Sisanya ditentukan oleh hard skill. Bahkan Dr. Muhammad Rozali mengatakan dalam artikel ilmiahnya “Soft Skill Rahasia Kesuksesan Hidup” bahwa soft skill menyumbang 90% dalam kesuksesan. Sisanya, yakni 10% ditentukan oleh hard skill.

    Doc. BrainAcademy

    Oleh karenanya, penting banget bagi kita untuk memperbaiki soft skill kita. Sayangnya, soft skill ini jarang kita dapatkan di kelas. Pendidikan di Indonesia malah lebih memprioritaskan di hard skill. Kita harus mencari sendiri untuk memperbaiki dan meningkakan soft skill.

    Untungnya ada bimbingan belajar online Brain Academy Online. Di sana kita bisa belajar sepuas-puasnya mengenai soft skill. Soft skill kita pun bakal meningkat. Kesuksesan Insyaallah akan kita dapat.

    Tapi, sebelum penulis bahas apa saja yang akan ktia dapatkan di materi soft skill Brain Academy, penulis jelaskan dulu apa itu soft skill.

    Arti Soft Skill dan Hard Skill

    Para ahli berbeda dalam mendefinisikan soft skill. Ada yang mengatakan, soft skill adalah kemampun-kemampun yang tidak tampak, tapi diperlukan dalam kesuksesan. Contoh kemampuan berkomunikasi, kejujuran, kepemimpinan, dan lain-lain.

    Ada juga yang medefinisikan soft skill adalah kemampuan yang bukan kemampuan teknis dan akademis yang lebih fokus pada kemampuan intra dan interpersonal.

    Menurut Dr. Muhammad Rozali, soft skills dibagi menjadi dua bagian. Pertama, kemampuan mengatur diri sendiri, misalnya bisa disiplin, mampu mengatur waktu dan lain-lain. Kedua, kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain.

    Brain Academy Itu Apa?

    Lalu, apa sih Brain Academy Online? Brain Academy online adalah sebuah tempat bimbingan belajar yang memadukan antara offline dan online. Di Brain Academy berkumpullah guru-guru profesional. Mereka akan menemani kita belajar online. Tapi, rasanya tidak jauh beda dengan offline.

    Brain Academy diluncurkan oleh RuangGuru, sebuah perusahaan teknologi yang fokus dalam dunia pendidikan. Brain Academy akan membuat belajar kita efektif dan menyenangkan.

    Kabar baiknya, Brain Academy tidak hanya menyediakan materi-materi ilmu umum atau ilmu teknis. Brain Academy juga menyediakan fitur soft skill. Nah, setidaknya ada 6 manfaat yang akan kita dapatkan dari materi soft skills Brain Academy. Penjelasannya sebagaimana berikut:

    Doc. BrainAcademy

    6 Manfaat Fitur Soft Skills di Brain Academy

          1.     Kritis dalam Berpikir

    Dalam memperoleh kesuksesan, kirtis berpikir itu sangat dibutuhkan. Dengan pemikiran yang keritis, kita bisa merespon sebuah informasi, gagasan, konsep atau pemikiran yang kita tertima. Kita tidak mudah menerima sebelum pikiran kita menemukan kebaikannya. Kita pun tidak mudah ditipu.

    Di Brain Academy kita akan mendapatkan materi tentang kritis dalam berpikir ini.

           2.     Pemecahan Masalah

    Dalam kehidupan ini, kita pasti bertemu dengan masalah. Mulai dari masalah yang sepele sampai masalah besar yang akan memengaruhi kehidupan. Namun, hanya orang-orang yang memiliki soft skill saja yang mampu mengatasi masalah dengan baik.

    Materi soft skill di Brain Academy akan mengajari kita bagaimana menghadapi masalah dan mengatasinya. Sehingga masalah hidup yang kita hadapi bisa cepat selesai.

          3.     Kemampuan Berkomunikasi

    Kemampuan berkomunikasi juga termasuk soft skill yang harus kita miliki. Kemampuan berkomunikasi dengan orang lain sangat menetukan hubungan kita dengan mereka. Selanjutnya sangat menentukan dalam kesuksesan kita. Bagaimana kita bisa sukses, jika berkomunikasi dengan orang lain saja tidak bisa.

    Materi soft skill di Brain Academy juga membahas kemampuan komunikasi ini. Di sana kita tahu bagaimana komunikasi yang baik, mengungkapkan ide dan gagasan dengan sempurna, serta dapat memengaruhi orang lain.

          4.     Berbicara di Depan

    Selain kemampuan berkomunikasi, kita juga butuh kemampuan berbicara di depan orang banyak. Kemampuan ini sangat membantu kita saat harus presentasi, berpidato, atau menyampaikan informasi di depan orang banyak.

    Brain Academy melalui fitur soft skillnya akan mengajari kita bagaimana berbicara di depan orang banyak dengan baik. Sehingga materi bisa tersampaikan dan bisa diterima oleh audiens.

          5.     Kerjasama

    Kita sebagai makhluk sosial pasti tidak bisa terlepas dari orang lain. Terlebih dalam dunia kerja, kemampuan kerjasama mutlak dibutuhkan. Kerjasama berarti sekelompok individu yang membagi tugas kerja dengan tujuan dan visi-misi yang sama.

    Setidaknya, ada tiga hal yang dibutuhkan dalam kerjasama, yaitu interaksi, saling percaya, dan saling mendukung. Nah, di Brain Academy kita akan dibekali bagaimana cara berkerjasama yang baik. Ketika kita memiliki kemampuan kerjasama, kita tidak menjadi beban tim, bahkan menjadi lokomotif tim.

          6.     Kepemimpinan

    Kemampuan lain yang harus dimiliki untuk meraih kesuksesan adalah kepemimpinan atau leadership. Kemampuan kepemimpinan adalah kemampuan yang dapat membuat seseorang mampu mengajak atau mengarahkan orang lain.

    Tentu, sebelum memimpin orang lain, kita perlu belajar untuk memimpin diri sendiri. Sebelum memimpin kelompok besar, kita harus memimpin kelompok kecil. Biasanya, kemampuan memimpin ini butuh proses panjang.

    Dengan demikian, kita perlu mengetahui dasar dan konsepnya. Ktia bisa mempelajarinya di fitur soft skills Brain Academy.

    Itulah teman-teman, manfaat yang akan kita dapatkan saat mengambil bimbingan online Brain Academy Online. Masih ingin sukses bukan? Bismillah, investasi ilmu pengetahuan dengan ikut bimbel online. 

    Posting Komentar

    Posting Komentar