-->
lm2ehI3jonma4uzm1pDxTuKLeJW1muj7wMTB5q1K

Ngaji[combine]

Baper[oneright]

Review[oneleft]

Cerpen[three](3)

Lifestyle[hot](3)

Kisah[two]

Aksara[dark](3)

    Page

    Bookmark

    Gotong Royong! Ust. Adi Hidayat Kumpulkan Donasi 30 Miliar untuk Palestina

    Sudah puluhan tahun Palestina dijajah oleh Israel. Tanahnya dirampas, kebebesannya dalam beribadah dibelenggu, dan para pemudanya dipenjara bahkan dibunuh. Yang lebih miris, umat Islam Palestina tidak bebas beribadah di masjid al-Aqsa.

    Sesekali rakyat Palestina melawan. Tentu, senjata mereka kalah lebih canggih dari senjata Israel. Senjata Palestina yang berupa roket mudah sekali dihancurkan. Sedangkan serangan udara Israel ke Palestina sudah pasti menghancurkan.

    Ust Adi Hidayat/wartakota.tribunnews.com

    Perlawanan yang tidak seimbang. Tapi, sudah cukup mengusik Israel. Bahkan, peperangan 11 hari yang disebut dengan “Saif al-Quds” itu menunjukkan betapa semangat umat Islam melawan. Dunia mengguncang. Masih ada bangsa yang belum merasakan kebebasan.

    Kunci dari masalah Palestina-Israel adalah penjajahan, penjarahan, dan perampasan hak kemanusiaan. Palestina dijajah, Israel penjajah. Palestina dirampas, Israel yang merampas. Ini titik masalahnya.

    Tapi, negara barat yang katanya menjunjung tinggi HAM (Hak Asasi Manusia) tutup mata dari masalah ini.

    Tentu, sebagai manusia kita harus membantu manusia lain yang tertindas. Sangat banyak sabda nabi mengenai hal ini.

    Alhamdulillah, Indonesia termasuk salah satu negara yang peduli Palestina. Banyak dari lembaga, yayasan, youtber, dan tokoh public yang menggalang dana untuk membantu Palestina.

    Salah satunya adalah Ust. Adi Hidayat. Menurut pengumuman di akun Youtubenya, Adi Hidayat Official, Ustadz dari Muhammadiyah ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar 30.880.110.889.54. (30 Miliar lebih) selama 6 hari.

    Jumlah yang sangat pantastis. Ditambah dari donasi lembaga, ormas, dan perkumpulan lain, Insyaallah jumlahnya akan lebih banyak lagi.

    Bantuan untuk Palestina ini memang dikumpulkan dari uang-uang kecil. Uang itu merupakan sumbangan dari banyak orang yang bisa jadi tidak kaya. Hal demikian tidak masalah. Kita tidak perlu malu. Sebab hal itu menunjukkan, masih banyak orang yang jernih hatinya sehingga peduli pada sesama manusia.

    Sudah sangat lama kita punya slogan “Gotong Royong”. Sesepuh kita juga mengajarkan, “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”.

    David Suzuki, seorang penulis dan aktivis lingkungan dari Canada mengatakan, “Change is never easy, and it often creates discord. But when people come together for the good of humanity and the Earth, we can accomplish great things.”

    (Perubahan itu tidak pernah mudah dan seringkali menciptakan perselisihan. Akan tetapi, ketika orang-orang berkumpul bersama untuk kebaikan bagi kemanusiaan dan dunia, kita dapat mencapai hal-hal besar.)

    Baca juga:

    Ya, dengan kebersamaan, kita bisa menciptakan hal-hal yang luar biasa. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika dalam Islam ada istilah “Berjamaah”. Tidak hanya dalam salat, tapi juga dalam banyak hal mengenai masalah umat.

    Posting Komentar

    Posting Komentar