-->
lm2ehI3jonma4uzm1pDxTuKLeJW1muj7wMTB5q1K

Ngaji[combine]

Baper[oneright]

Review[oneleft]

Cerpen[three](3)

Lifestyle[hot](3)

Kisah[two]

Aksara[dark](3)

    Page

    Bookmark

    5 Pemuda Inspiratif Pilihan IDN Media dalam Program Pahlawan IDN

    لكل زمان رجال

    “Di setiap zaman pasti ada pahlawan”

    Kalam hikmah di atas sempat dikutip oleh Imam as-Sakhawi dalam kitab al-Maqashid al-Hasanah. Kalam hikmah ini mengajarkan, di setiap zaman pasti ada orang hebat. Orang hebat ini yang menjadi pahlawan membawa perubahan dan kemanfaatan.

    Meet the Pahlawan IDN of 2021_Doc. IDN Media

    Tentu, peran pahlawan selalu berbeda di setiap zaman. Dulu di masa penjajahan, pahlawan adalah mereka yang berani melawan meski gugur dalam pertempuran. Sekarang, peran pahlawan berbeda. Tapi, esensi pahlawan itu sama: menjadi orang yang berarti untuk lingkungannya.

    Nah, dalam rangka memperingati hari Hari Pahlawan 10 November 2021, IDN Media mengadakan program Pahlawan IDN. Program ini mengusung tagline “Satu Negeri Beragam Inspirasi”.

    Program ini dimaksudkan untuk memberi apresiasi bagi generasi milenial dan generasi Z yang inspiratif. Anak-anak muda yang telah menjadi pahlawan dengan ide kreatif dan gerakan positifnya. Baik di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan, teknologi, proyek kreatif, dan komunitas.

    Tepat pada Hari Pahlawan 10 November 2021, IDN Media mengumumkan 5 pemenang program luar biasa ini. Pengumuman tersebut diumumkan di akun IDN Media platform TikTok. Tentunya, pemenang adalah orang-orang hebat yang telah lolos dari penilian para juri IDN Media.

    Lalu siapakah para pemenang tersebut dan apa dedikasinya untuk negeri tercinta ini? Yuk initp!

         1.     Riliv

    Apa sih Riliv ini? Riliv adalah sebuah layanan yang bergerak di bidang kesehatan mental berbasis teknologi. Layanan ini memiliki visi “to create peace of mind and smile all over the world”.  Kelebihan dari layanan konseling online ini adalah diisi oleh psikolog profesional.

    Dalam program Pahlawan IDN yang diadakan oleh IDN Media, Riliv diwakili oleh Audrey Maximillian Herli, salah satu pendirinya.

          2.     Plana (Plastic for Nature)

    Dewasa ini, mulai banyak organisasi dan perusahaan yang memiliki program daur ulang limbah agar menjadi produk. Limbah tidak hanya sampah yang tak berguna, tapi disulap menjadi sebuah produk yang bermanfaat.

    Namun demikian, dampak dari program tersebut masih belum memiliki dampak siginifikan untuk memulihkan bumi. Padahal masalah limbah ini terus saja ada dan seakan-akan tidak ada jalan kelaurnya.

    Oleh karenanya, Plana hadir untuk memberikan solusi agar memberi dampak positif bagi masa depan planet bumi. Plana diwakili oleh Joshua Christopher Chandra.

    Plana, sebagaimana tertera dalam situsnya, menamakan diri mereka dengan “Perusahaan Sosial yang Merevolusi Daur Ulang Plastik”.

         3.     Mataharikecil Indonesia

    Anak-anak di Indonesia tidak semuanya memiliki kesempatan untuk mengakses pendidikan. Mereka terpaksa tidak peduli pada pendidikan karena berbagai masalah, situasi, dan keadaan.

    Matahari kecil sebagai komunitas sosial dan pendidikan hadir untuk memberi solusi dalam masalah ini. Komunitas ini mendirikan sebuah sekolah terbuka diperuntukkan untuk anak-anak yang tidak bisa sekolah.

    Dalam program Pahlawan IDN, Mataharikecil Indonesia diwakili oleh sang founder sekaligus CEO, yaitu Yasser Muhammad Syaiful.

          4.     BecomeMore Indonesia

    BecomeMore Indonesia adalah sebuah komunitas bagi siswa-siswa yang duduk di tingkat SMP dan SMA seindonesia. Komunitas ini berdiri dengan tujuan membantu anggotanya dalam proses mengembangkan diri. Untuk itu, komunitas BecomeMore Indonesia memiliki banyak program. Dalam program IDN Pahlawan ini, BecomeMore Indonesia diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa.

          5.     Literasi Anak Banua

    Literasi bagi seorang anak adalah kebutuhan yang sangat penting. Tapi, tidak semua anak Indonesia bisa merasakan pendidikan literasi. Maka, Komunitas Literasi Anak Banua hadir untuk memecahkan masalah ini.

    Komunitas anak muda ini didesain untuk bergerak guna meningkatkan kemampuan literasi anak. Terkhusus di wilayah-wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) Indonesia.

    Dalam program Pahlawan IDN, Literasi Anak Banua diwakili oleh pendirinya langsung, Alvian Wardhana.

    Itulah 5 pemenang dalam program Pahlawan IDN yang diadakan oleh IDN Media. Kelima pemenang ini akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Juga, dukungan publikasi dari IDN Media selama satu tahun. Tidak hanya itu, mereka juga bisa bergabung di signature event IDN Media sekaligus terhubung dengan jaringan komunitas-komunitas Media.

    Dimulai dari Diri Sendiri

    Pemenang dalam program Pahlawan IDN Media ini tentu orang yang luar biasa. Mereka telah berhasil meyakinkan dewan juri bahwa mereka memang berhak menadapat gelar pahlawan di zaman ini.

    Adapun aspek peniliannya meliputi keunikan dan orisinalitas ide, tujuan kegiatan, hasil dan sebaran dampak kegiatan di sektor yang berkaitan. Juga, inisiatif mereka untuk keberlanjutan dalam jangka panjang.

    Para juri dalam program ini antara lain Winston Utomo (CEO IDN Media), Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media), Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times), Najelaa Shihab (pendidik dan pendiri Semua Murid Semua Guru), William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP).

    Pahlawan IDN - Juri Najelaa (Dok. IDN Media oleh Herka Pangaribowo)

    Dalam salah satu pesannya, Najela Shihab mengatakan, “Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.”

    Ya, untuk menjadi pahlawan, untuk menjadi orang yang inspiratif, untuk menjadi orang yang berarti bagi orang lain, mulailah dari diri sendiri! Jadilah pahlawan untuk diri sendiri terlebih dahulu. Bismillah! Semangat.

    Posting Komentar

    Posting Komentar