Menulis Resolusi Tahunan dan Cara Mencapainya dengan Mudah


Saat ini kita sudah memasuki tahun baru. Sudah tanggal 09 Januari 2020. Banyak kenangan yang kita tinggalkan di tahun 2019. Banyak pula keinginan dan harapan di tahun 2020 ini.

Di bulan pertama tahun ini, tentu sudah banyak yang menuliskan resolusi tahunan. Kamu juga kan? Saya belum. Belum semangat menuliskannya. Entah kenapa.


Apakah saya tidak punya target pencapaian di tahun 2020? Adalah. Tapi rahasia. Saya gak mau menceritakannya. Kenapa? Ya gak apa-apa. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk mendapatkan keinginannya bukan?

Di tahun-tahun sebelumnya saya menuliskan resolusi tahunan juga. Ada yang tercapai, ada yang tidak. Perjalanan hidup memang tak selalu sesuai harapan yak. Santai saja. Rasa syukur akan menyembuhkan rasa kecewa.

Apa sih pentingnya menuliskan resolusi tahunan? Apa juga untungnya? Menurut saya sih memang nggak penting. Eh, penting juga sih. Hehehe… plinplan.

Gini, sebelumnya saya mau nanya, apa arti resolusi? Ada yang tahu? Kamu tahu? Masak nggak tahu sih. Bodoh! Hehe…

Arti resolusi dalam KBBI adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yangg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Gampangnya, menurut saya, resolusi tahunan itu tekad yang bulat mengenai harapan yang ingin dicapai dalam tahun tertentu. Kemudian, harapan itu ditulis. Apa tujuannya? Biar selalu ingat. Biar selalu semangat untuk mengejar.

Makanya, menulis resolusi itu menjadi penting. Biar kita semangat mengejar harapan yang kita tekadkan itu.

Baca juga:

Kata teman saya, menuliskan harapan-harapan di buku itu ternyata ampuh. Banyak harapan-harapan yang dia tulis, akhirnya benar-benar terjadi.

Namun demikian, ada hal yang paling ampuh mewujudkan harapan kita dari pada menuliskannya dalam sebuah resolusi. Apa? Doa. Ya, Doa di hadapan sang pencipta.

Kita meminta agar harapan-harapan kita tercapai, di situlah kita meresolusikan harapan-harapan kita. Resolusi yang kita haturkan di hadapan Allah itu akan meresap dalam hati. Kemudian mengirim energi positif pada kita untuk selalu mengejar harapan kita.

Setiap kita menyebutnya dalam doa, setiap kali pula kita meresolusikannya. Lalu, ada energy positif lagi untuk mengejar apa yang kita doakan. 

Dengan demikain, motivasi selalu mengalir dalam diri kita. Kita selalu semangat!

Makanya, dalam Al-Quran banyak kata “Ya Ayyuhal Ladzina Amanu!”. Wahai orang-orang yang beriman. Diantara tujuan Allah memanggil kita dengan panggilan itu, agar kita benar-benar menjadi orang yang beriman.

Mungkin karena itulah, kita tidak diperkenannkan mengucapkan kata-kata sembarangan. Takut-takut menjadi kenyataan. Mugnking benar, “Kata adalah doa”.

Jadi, langkah awal untuk mencapai harapan-harapan kita adalah menyebutnya dalam doa. Jika harapan-harapan itu sudah tertulis dalam resolusi tahuan, relosukan kembali dalam doa panjang kita.

Jangankan harapan yang kita panjatkan dalam doa, harapan yang hanya diangan-angan saja kadang menjadi kenyataan. Apa lagi sampai kita sebutkan dalam doa. Insyaallah tercapai.

Lalu jika tidak kunjung terkabul, padahal sudah selalu berdoa, bagaiamana? Jangan berhenti berdoa. Kenapa? Sebab, kita berdoa bukan semata-semata meminta, tapi beribadah kepada-Nya. Betul kan?

Selanjutnya, kita mulai! Ya, memulai melangkah menuju harapan-harapan kita. Memulai dari yang paling mudah. Lalu, level berikutnya. Dan seterusnya.

Mari kita mulai! Bismillah…

Terkait:
  • Cara Menulis Resolusi Tahunan 
  • Menulis Resolusi Tahunan
  • Cara Merealisasikan Resolusi
  • Menfaat Menulis Resolusi Tahunan
  • Menuliskan Harapan dalam Sebuah Resolusi

loading...

Related

Nongkrong 8134040056193073687

2 commentsDefault Comments

  1. kita yg rencanakan Allah yg tentukan. maka sudah sewajarnya kita berdoa. biar doa dan takdir bertarung dilangit. harapannya, semoga resolusi dapat tercapai

    ReplyDelete
  2. setuju kak, lakukan semua nya dari yang paling mudah dulu, kemudian lakukan yang lebih berat. termakasih kak, semoga semua resolusi dapat terwujud di tahun 2020 ini aamiin

    ReplyDelete

emo-but-icon

Toko Buku

Toko Buku
Klik aja !

Terbaru

Hot in week

Profil

Contact Us

Name

Email *

Message *

Komunitas

FLP
item