6 Langkah Sederhana agar Tidak Mudah Sakit di Musim Hujan


Sekarang kita sudah memasuki musim hujan. Di musim hujan ini, kekebalan tubuh menurun. 

Ditambah lagi, banyak kuman yang bisa menyebar dengan mudah dikarenakan banyak genangan air. Maka tak heran jika banyak orang yang mudah sakit.

Tentu menjaga kesehatan agar kita tidak mudah sakit adalah kewajiban kita sendiri. Kesehatan adalah anugerah dari Allah swt.. Kita wajib menjaganya.


Dengan sehat, kita bisa beribadah dengan sempurna. Dengan sehat, kita bisa menjalankan kewajiban dengan baik.


Menjaga kesehatan agar tidak sakit lebih baik dari pada mengobatinya. Pula, lebih mudah menghadapainya. Sebagaimana kaidah fikih, “Ad-Daf’u Aqwâ Min Ar-Raf’i”. Menolak itu lebih kuat dari pada menghilangkan.

Arti dari kaidah ini, menolak sebelum terjadi itu lebih mudah dari pada menghilangkan sesuatu yang sudah terjadi.

Dalam masalah sakit, maka bisa diartikan begini, “Menjaga kesehatan sebelum sakit itu lebih mudah dari pada menghilangkan penyakit yang sudah ada di tubuh kita.”

Oleh karenanya, penulis berkeinginan menulis langkah sederhana agar tidak mudah sakit di musim hujan. Langkah-langkahnya sebagaimana berikut:

       1.     Tidurlah yang cukup

Setelah beraktivitas di siang hari, tentu badan kita butuh istirahat. Istirahat dengan tidur adalah cara yang sangat sempurna untuk menjaga kesehatan.

Banyak penelitian mengatakan, tidur sangat bermenfaat untuk kesehatan. Saat seseroang memenuhi kebutuhan tidurnya dengan baik, maka sistem imun (kekebalan tubuh) menjadi kuat.

Dilansir dari Merdeka.Com, sistem imun akan lebih efektif ketika tubuh beristirahat dengan tidur. Tentu, sistem imun yang kuat akan menjadi kita sehat.

       2.     Makan yang teratur

Sistem imun atau kekebalan tubuh akan berjalan efektif jika memenuhi banyak faktor. Diantaranya adalah terpenuhinya makan.

Oleh karenanya, makan yang teratur adalah cara untuk menjaga kekebalan tubuh ini. Sehingga di musim hujan kita tidak mudah terserang penyakit.

      3.     Setidaknya berolahraga tiga kali seminggu

Musim hujan bukan berarti harus libur berolah raga. Olah raga tetap harus. Pilih saja yang paling memungkinkan. Paling tidak tiga kali dalam satu minggu. Waktunya paling sedikit 30 menit.

      4.     Jangan suka hujan-hujanan

Hal yang terpenting adalah sebisanya kita menghindari terkena hujan. Terlebih hujan pertama.
Sebab, hujan pertama ini mengandung asam yang tinggi dan tercampur dengan kotoran. Dengan kata lain, air hujan di hujan pertama itu hujan yang tercemar.

Bagaimana kalau kita kehujanan di hujan pertama? Mandilah dengan air selain air hujan pertama dan keringkan dengan handuk.

Begitu juga, jangan sampai baju mengering di badan. Karena air hujan bisa menyerap ke paru-paru.

Memang sebaiknya, kita tidak terkena hujan baik di hujan pertama atau di hujan-hujan berikutnya. Jika terlanjur kehujanan, lanjutlah membaca! Hehe.

       5.     Minumlah penghangat tubuh

Nah, ini juga sangat penting. Di musim hujan ini tentu hawanya sangat dingin. Maka, sangat penting bagi kita untuk menghangatkan tubuh.

Misalnya minum teh hangat atau wedang rempah-rempah hangat seperti jahe. Apa lagi ketika kita kehujanan. Maka, minum penghangat tubuh sangat penting sekali.

      6.     Jagalah kebersihan

Tak kalah penting adalah menjaga kebersihan. Baik yang berkaitan dengan badan, lingkungan, atau barang-barang yang berhubungan dengan kita.

Maka sangat penting membasuh tangan dan kaki setiap selesai beraktivitas di luar rumah. Terlebih ketika hujan. Sebab, kuman mudah menyebar lewat genangan air.

Begitu juga penting menjaga kebersihan tempat tinggal, tempat kerja dan lain sebagainnya. 

Itulah langkah-langkah sederhana agar kita tidak mudah sakit di musim hujan ini. Diambil dari beberapa sumber. Semoga bermenfaat! Terutama untuk penulis sendiri.
Hehe…

Penjelasan lebih lanjut, bisa baca di bawah ini:


Related

Ngobrolin 8847486501063598916

1 komentarDefault Comments

  1. yang paling sering sih anak - anak tuh hujanan hujanan yah dan susah dibilangin nya, tips nya sangat membantu kak, semoga di musim hujan kali ini tidak ada penyakit yang nempel aamiin.

    BalasHapus

emo-but-icon

Terbaru

    Hot in week

    Profil

    Contact Us

    Nama

    Email *

    Pesan *

    Komunitas

    FLP
    item