Langkah-Langkah Menghadapi Banjir Sebelum dan Saat Banjir Datang


Sekarang ini, kita sudah memasuki musim hujan. Musim di mana hujan terus turun dan bisa mengakibatkan banjir. Tentu, kita harus siap siaga dan hati-hati. Apa lagi jika rumah kita berada di lokasi rawan banjir. Atau berada di lokasi rendah. Banjir bisa datang kapan saja.

Banjir tidak bisa kita lawan. Sebab, kadang banjir merupakan akibat dari tangan manusia itu sendiri. Seperti membuang sampah sembarang, pohon-pohon ditebang, tanah disemen, dan lain-lain. Akhirnya terjadilah banjir.


Padahal, dalam Alquran itu dijelaskan, kita ini sebagai khalifah di bumi. Khalifah di sini artinya bukan bentuk pemerintahan. Akan tetapi, makhluk yang memiliki tugas untuk memakmurkan bumi dan menjaga alam.


Akan tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Seringkali manusialah yang menyebabkan bumi ini rusak.

Baiklah, tulisan ini ingin menjelaskan langkah-langkah agar kita bisa mengatasi banjir dan selamat dari banjir. Langkah-langkah ini terbagi menjadi dua. Pertama langkah-langkah sebelum banjir. Kedua, langkah-langkah saat banjir tiba.

Langkah-Langkah Menghadapi Banjir Sebelum Terjadi Banjir

       1.      Membersihkan selokan di sekitar rumah

Hal yang sangat penting adalah membersihkan selokan-selokan yang ada di sekitar rumah. Selokan yang bersih dari sampah akan membuat air berjalan normal. Banjir pun tidak akan mudah terjadi.

Sangat baik jika misalnya ada kerja bakti dengan masyarakat sekitar. Sehingga selokan-selokan di berbagai tempat juga bersih dari sampah yang bisa menutup jalannya air.

Jika misalnya ada sungai, bagus juga untuk gotong royong memberishkan. Dalam hal ini, pemerintah atau pihak yang berwenang harus lebih pro aktif dan bertanggung jawab.

       2.     Pastikan dokumen-dokumen barharga tersimpan aman

Dokumen-dokumen berharga, seperti Ijazah, surat tanah, dan lain-lain disimpan di tempat yang terjamin. Juga, jangan lupa untuk meletakkannya dalam wadah yang kedap air, seperti plastik dan lain-lain.

      3.      Merapikan kabel dan benda-benda lain yang berhubungan dengan aliran listrik

Listrik adalah hal yang sangat berbahaya saat datangnya banjir. Listrik bisa membuat kita mati terkena setrum. Oleh karena itu, kabel listri dan benda-benda yang berhubungan dengan listrik harus dirapikan.

Benda seperti stop kontak tidak boleh berada di lantai atau di tempat rendah. Sebab, jika ada banjir yang datang tiba-tiba, bisa membahayakan penghuni di rumah.

Maka taruhlah di tempat yang lumayan tinggi. Sekiranya ketika datang banjri, masih sempat mematikan listrik melalui Meter Circuit Breaker (MCB).

       4.     Mengajak keluarga untuk berpartipasi

Kita juga berkewajiban memberi bekal pada keluarga kita gar selamat dari banjir. Memberi arahan-arahan pada mereka.

       5.     Menimpan obata-obatan dan makanan yang siap makan di rumah

Menyimpan makanan yang siap dimakan di rumah adalah langkah menghadapi banjir sebelum banjir itu terjadi. Sebab, ketika banjir melanda, pertolongan belum tentu langsung datang.

Oleh karenanya, makanan yang tersedia bisa dibuat untuk bertahan hidup saat kita terjebak dalam banjir.

Begitu juga dengan obat-obatan. Sangat penting bagi kita untuk menyimpannya. Agar bisa dipakai ketika membutuhkan.

       6.     Menyiapkan benda yang bisa mengapung

Kita juga perlu untuk menyiapkan benda yang bisa mengapung di air. Seperti ban dan lain-lainnya. Benda ini bisa kita pakai untuk menyelamatkan diri ketika banjri melanda rumah kita.

Langkah-langkah Menghadapi Banjir Saat Banjir Melanda

        1.      Mematikan listrik melalui MCB.

Ketika banjir datang dan mulai membesar, matikan listrik di rumah melalui Meter Circuit Breaker (MCB). Atau hubungi pihak PLN untuk mematikan listrik di area yang terkena banjir.

Hal ini bertujuan untuk keselamatan kita dan keluarga dari sengatan listrik. Sebab air bisa mengatarkan listrik. Resiko kesetrum listrik pun semakin meningkat.

       2.     Mengemas barang-barang penting

Kemaslah barang-barang penting ke dalam tas dan amankan di tempat yang belum terkena banjir. Hal ini hanya untuk berjaga-jaga takut ada perintah mengungsi.

      3.      Jika ada perintah mengungsi maka mengungsilah

Jika ada perintah untuk mengungsi dari pemerintah setempat, maka segeralah mengungsi. Hal ini untuk menyelamatkan diri kita dan keluarga.

      4.     Jika banjir datang dengan cepat, maka segeralah pergi ke tempat aman

Jiak banjir ternyata datang dengan cepat, maka segeralah pergi ke tempat yang lebih aman. Bawa keluarga dan barang penting yang mudah dibawa.

 Baca juga: 

Itulah langkah-langkah menghadapi banjir agar kita selamat. Langkah-langkah tersebut meliputi langkah sebelum banjir dan ketika banjir datang.
Dambil dari berbagai sumber. Semoga bermenfaat!

loading...

Related

Ngobrolin 2038625619823590665

2 commentsDefault Comments

  1. Semoga sekarang kawan2 pada sigap melakukan hal ini ya agar tidak lagi shock dg banjir yang melanda.

    Dan semoga kedepannya tidak separah musibah banjir sekarang.

    ReplyDelete
  2. penting banget nih kak saif untuk semua warga tahu akan hal ini, jadi gak ada lagi yang nekat nerjang banjir yang justru malah membahayakan/

    ReplyDelete

emo-but-icon

Toko Buku

Toko Buku
WA: 0878-6870-9737

Terbaru

Hot in week

Profil

Contact Us

Name

Email *

Message *

Komunitas

FLP
item