5 Tanggung Jawab Kakak Perempuan pada Adik-Adiknya, Berat tapi Banyak Pahalanya

Kita memang tidak bisa memilih untuk menjadi kakak atau adik. Posisi kakak dan adik murni ketentuan Allah. Allah yang menciptakan kakak terlebih dahulu. Adik baru kemudian.

Tentu, masing-masing posisi memiliki tanggung jawab. Kakak memiliki tanggung jawab, adik juga memiliki tanggung jawab.

Tanggung jawab seorang kakak perempuan /fr.freefik.com

Tanggung jawab ini tidak memandang gender. Artinya, kakak laki-laki memiliki tanggung jawab, kakak perempuan memiliki tanggung jawab.

Nah, artikel ini akan membahas 5 tanggung jawab seorang kakak perempuan pada adik-adiknya. Berikut ini 5 tanggung jawab tersebut:

 

1.  Kakak perempuan memiliki tanggung jawab untuk mendidik adik-adiknya

Kakak perempuan yang ditakdirkan lahir terlebih dahulu bisa dipastikan memiliki pengetahuan yang lebih. Apa lagi jika rentang umur antara kakak dan adik lumayan jauh.

Oleh karenanya, seorang kakak perempuan memiliki tanggung jawab untuk mendidik adik-adiknya. Misalnya tentang pelajaran di sekolahnya, tentang bacaan Al-Qurannya, dan lain sebagainya.

 

2.  Kakak perempuan memiliki tanggung jawab untuk menjadi contoh yang baik

Selain bapak dan ibu, seorang kakak perempuan adalah manusia yang sering dilihat oleh adik-adiknya. Seorang adik akan melihat bagaimana seorang kakak bersikap, bagaimana seorang kakak belajar, dan seterusnya.

Tentu, sedikit banyak seorang adik akan terpengaruh oleh perilaku sang kakak. Sebagaimana teori ilmu sosial, bahwa perilaku seseorang itu dipengaruhi oleh orang sekitarnya. Sekaligus dia juga memengaruhi orang sekitarnya.

Oleh karenanya, seorang kakak perempuan memiliki tanggung jawab untuk menjadi panutan yang baik. Agar adiknya juga menjadi orang baik.

Menjadi sosok yang sempurna bagi sang adik memang tidak mungkin. Sebab siapapun pasti memiliki kekurangan. Tapi, setidaknya kita sudah memberi contoh yang terbaik versi kita.

 

3.  Menjadi kakak perempuan yang asyik diajak berbincang

Diantara tanggung jawab seorang kakak perempuan adalah menjadi teman bagi adik-adiknya. Teman yang dekat dan akrab. Sehingga seorang adik tidak sungkan untuk curhat.

Seorang kakak perempuan yang memiliki pengalaman lebih pasti sangat dibutuhkan oleh adik-adiknya. Entah sebagai motivator, inspirator, atau apalah.

Seorang adik yang memiliki masalah, kakak perempuan bisa memberinya solusi. Seorang adik yang lagi patah hati, kakak perempuan bisa memberinya semangat diri.

Dan semua itu adalah tanggung jawab bagi seorang kakak perempuan.

 

4.  Kakak perempuan adalah ibu kedua setelah ibu kandung

Kakak perempuan adalah seorang ibu bagi adik-adiknya. Artinya, ada saatnya seorang kakak perempuan berperan seperti ibu. Apa lagi, jika seorang ibu kandung sudah tiada.

Bahkan, bisa jadi seorang kakak perempuan harus berperan seperti bapak. Seorang kakak perempuan memiliki tanggung jawab memenuhi kebutuhan adiknya. Mulai dari makan, baju, dan pendidikannya.


5.  Kakak perempuan memiliki tanggung jawab untuk bersikap dewasa

Sebagaimana maklum, antara kakak dan adik ini kadang terjadi pertengkaran. Karena hal sepele saja menyebabkan adu mulut. Meski setelah itu baikan lagi.

Nah, di sinilah seorang kakak memiliki tanggung jawab untuk bersikap lebih dewasa. Seorang kakak perempuan bisa mengalah. Bisa juga tidak menanggapi adik yang mengoceh.

Itulah 5 tanggung jawab seorang kakak perempuan pada adik-adiknya. Poin-poin di atas merupakan hasil wawancara dengan perempuan yang menjadi kakak.

 

Pahala yang akan Diperoleh oleh Kakak Perempuan yang Bertanggung Jawab

 

Jika melihat tanggung jawab di atas, tentu sangat berat bagi seorang kakak perempuan. Tapi, apa boleh buat. Hidup memang penuh tanggung jawab. Semua posisi dan pilihan penuh tanggung jawab.

Oleh karenanya, yang paling penting adalah menjalankan semua tanggung jawab itu dengan ikhlas. Landasannya ingin mendapatkan rida Allah. Sungguh besar pahalanya bagi kakak perempuan yang berperan dalam kebaikan adiknya.

Jika adiknya menjadi orang pintar disebabkan kakaknya, bisa jadi kepintara itu menjadi amal jariyah baginya. Iya kan?

Yang jelas, orang terbaik di sisi Allah itu adalah mereka yang paling bermenfaat untuk orang lain.

Kata Rasulullah,

 

أن رجلا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم ، فقال : يا رسول الله أي الناس أحب إلى الله ؟ وأي الأعمال أحب إلى الله عز وجل ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « أحب الناس إلى الله أنفعهم للناس ، وأحب الأعمال إلى الله سرور تدخله على مسلم ، أو تكشف عنه كربة ، أو تقضي عنه دينا ، أو تطرد عنه جوعا….

“Sesungguhnya seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw.. Laki-laki itu bertanya, “Wahai Rasulullah, manusia seperti apa yang lebih dicintai oleh Allah? dan amal apa yang lebih dicintai oleh Allah?”

Rasulullah menjawab, “Orang yang lebih dicintai oleh Allah adalah mereka yang lebih bermenfaat untuk orang-orang. Dan pekerjaan yang lebih dicintai oleh Allah adalah kebahagiaan yang kau berikan kepada orang Islam, menghilangkan kesusuahannya, membayar hutangnya, dan menghilangkan rasa laparnya…..”” (HR. Imam Thabrani dalam Kitab al-Mu’jam al-Ausath)

Hadis ini menunjukkan betapa dicintai oleh Allah orang yang bermenfaat untuk orang lain. Dan betapa dicintai oleh Allah sebuah amal untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

Baca juga:

Tentu memenuhi kebutuhan seseorang yang memiliki ikatan darah dengan kita itu lebih diutamakan. Pahalanya lebih banyak. Rasulullah bersabda,

الصدقة على المسكين صدقة وهي على ذي الرحم ثنتان صدقة وصلة

“Sedekah pada orang miskin itu sedekah, tapi sedekah kepada famili (seperti saduara) adalah sedekah dan silaturrahim.” (HR. Imam Turmudzi)

Menurut Syaikh al-Mubarakfuri dalam kitabnya, Tuhfah Al-Ahwadzi, hadis ini menunjukkan bahwa bersedekah kepada kerabat itu lebih baik. Karena bersedekah kepada kerabat itu memiliki dua kebaikan; kebaikan sedekahnya dan kebaikan silaturrahimnya.

Menjadi kakak itu berat ya. Banyak tanggung jawabnya. Tapi, semoga berpahala. Amin! Salam.


Related

Nongkrong 1659577900949342394

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Toko Buku

Terbaru

Hot in week

Profil

Contact Us

Name

Email *

Message *

Komunitas

FLP
item