Suka Mager? 6 Kutipan Hadis ini Perlu Banget untuk Kamu Baca


https://www.flickr.com/photos/seraphimc/2117007479/in/photolist-4e5dyX-4JcDWZ-fbJb6W-gY3kaC-5C3HHz-rLGqv-pDRwSF-W5AZ5S-snkYRK-gzamTS-7L8ow2-foUySj-d9XKG-e88hoc-cA5JDY-26JZfcu-p2CEb4-wjQ9rh-No7sh-PN9cv-aaWPT9-2LK6pp-7riHGM-9weAk3-4nRe6-5XwmrR-7wx967-c58djf-FdkG-d48zC7-mxsq8g-TwJG46-7SJhwW-9PX84T-p5Bhst-5LCtZr-dAprVC-o7mGek-35aCkZ-27Mk1LE-74dq7o-a3R6tt-o9auCd-ct8Eaj-8D5dTp-pLy9zZ-UwHHyh-G4Zj5g-riH3Gz-9jXZni
Sumber Foto: https://www.flickr.com

Tidak sedikit orang menghabiskan waktu kosong dengan mager, alias malas gerak. Seakan-akan tempat tidur memeluknya begitu erat. Tidak mau lepas. Pokoknya malas ngapa-ngapain. Inginnya cuma di tempat tidur.

Mager sih sebenarnya tidak masalah asal untuk istirahat agar kembali semangat. Tapi kalau berlebihan, waktu akan habis sia-sia.

Nah, inilah 6 kutipan hadis yang perlu diketahui oleh kamu yang suka mager:


       1. Suka mager itu tidak mensyukuri kesehatan dan waktu luang

“Ada dua nikmat yang mana kebanyakan manusia tertipu; kesehatan dan waktu luang.” (HR. Imam Muslim)

        2. Suka mager itu menyiakan-nyiakan banyak hal yang seharusnya digunakan dengan baik

“Gunakanlah sebaik-baiknya 5 perkara sebelum 5 perkara; masa mudamu sebelum masa tuamu; sehatmu sebelum sakitmu; kayamu sebelum fakirmu; waktu kosongmu sebelum sibukmu; dan hidupmu sebelum matimu.” (HR. Imam Hakim)








      
       3. Kelak saat ditanya tentang umur atau masa muda, masak mau jawab dihabiskan dengan mager?

“Tidak akan bergeser kaki anak adam dari sisi Tuhannya sehingga ditanya tentang lima perkara; tentang umurnya untuk apa ia habiskan; tentang masa mudanya untuk apa ia lewatkan; tentang hartanya dari mana ia dapatkan dan untuk apa ia gunakan; dan tentang ilmunya apa sudah diamalkan.” (HR. Imam Turmudzi)

Baca juga: Menjadi Pemuda Karir Fi Sabilillah

      4. Udah pagi tapi masih mager pertanda diikat setan

“Setan mengikat ujung kepala kalian ketika kalian tidur dengan tiga ikatan. Setan mengatakan di setiap ikatan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika kalian bangun lalu berdzikir kepada Allah, terlepaslah satu ikatan. Jika berwudu, terlepaslah satu ikatan lagi. Jika shalat, terlepaslah satu ikatan berikutnya. Ketika pagi tiba, dia akan semangat dan bahagia hatinya. Jika tidak melakukan hal itu, ketika pagi tiba, dia akan susah hatinya dan bermalas-malasan (alias mager). (HR. Muttafaq Alaih)















     5. Ini loh Doa Nabi Muhammad agar dijauhkan dari mager

“Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari malas, aku berlindung kepadamu dari sikap pengecut, aku berlindung kepadamu dari kepikunan, aku berlindung kepadamu dari kikir.” (HR. Imam Bukhari)



     6. Mager itu gak ada menfaatnya, tinggalin aja!

“Termasuk baiknya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak bermenfaat untuknya.” (HR. Imam Turmudzi)






Itulah 6 kutipan hadis untuk kita yang suka mager. Ternyata waktu itu sangat berharga ya. Tak heran jika Syaikh Hasan Al-Bashri berkata, “Wahai anak Adam, engkau bagaikan hari-hari. Setiap hari berlalu, maka hilanglah sebagian dirimu.”

Baca juga : Ingin Kaya ? Ini 5 Tips Ampuh dari Bapak Zulkifli Hasan


Related

Nongkrong 8316350864306216852

Post a CommentDefault Comments

emo-but-icon

Toko Buku

Toko Buku
Sinopsis atau mau pesan: silahkan klik gambar!

Populer

Terbaru

Profil

item